2020-07-21 dibaca : 1 Kali

Polres Pesawaran Ajak Forkopimda Gelar Rapat Persiapan Pilkada 2020

bagikan informasi ini :

Polres Pesawaran ajak seluruh forkopimda gelar rapat koordinasi persiapan pelaksanaan pemilihan kepala daerah (pilkada) di Aula Pamor Persada Polres setempat, Senin (20/07/2020).
Kegiatan tersebut dihadiri Bupati Pesawaran Dendi Ramadhona, Kapolres Pesawaran AKBP Vero Aria Radmantyo, Dandim 0421/Lampung Selatan Letkol Inf R.O, Bessie, Sekretaris Daerah Pesawaran Kesuma Dewangsa, Asisten I Syukur, Kepala Kajari Pesawaran Tinamawati Perwakilan Pengadilan Negeri Saharudin, Kepala Dinas Kesehatan Harun Trijoko.
Kemudian, Kepala BPBD yang diwakilkan oleh Muzamil, Kepala Sat Pol-PP Pesawaran yang diwakili MH. Sutanto, Kepala Dinas PMD Zuriadi, Kepala Dishub Pesawaran Ahmad Syafii, Ketua KPU Pesawaran Yatin Putro Sugino, Ketua Bawaslu Ryan Arnando dan seluruh PJU Polres Pesawaran.

Digelaran rapat tersebut, Kapolres Pesawaran AKBP Vero Aria Radmantyo mempertanyakan soal pemilih yang tidak mengenakan masker dan suhu tubuhnya tinggi harus ada tindakan yang kongkrit.
“Kepada pemilih yang ditemukan tidak memakai masker dan suhunya tinggi, apakah suruh pulang atau lanjut ? Jangan sampai kita tidak ada tindakan,” kata dia.
Menurutnya, pihak KPU harus segera menyelenggarakan rapat gakumdu dan selalu berkoordinasi agar dapat diantisipasi sejak dini.
“Hal surat rapat pemberitahuan nanti agar selalu koordiansi kepada Kapolsek setempat dan TPSnya dan di antisipaai dari awal. Terkait untuk TPS khusus, agar untuk di update datanya agar personil kami siap menjalankan tugasnya,” tutur dia.
Lalu, Bupati Pesawaran Dendi Ramadhona menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada kepolisian atas inisiasi rapat koordinasi persiapan pelaksanaan pilkada ditengah pandemi covid-19.
“Alkhamdulilah, hari ini di masa pandemi tetapi kita dalam melaksanakan tugas demokrasi dalam pilkada 2020 dimana kita semua sangat berat dan penuh perjuangan untuk kegiatan pilkada 2020 ini, saya selaku ketua gugus masih waswas belum bisa menyatakan pelaksanaan pencegahan covid berjalan dengan baik. Semoga kita semua terselamatkan dari wabah tersebut,” kata Dendi.
“Saya berterima kasih, diinisiasi oleh Polres Pesawaran, rapat kesiapan pilkada di Kabupaten Pesawaran terjadi. Tahapan yang diberikan KPU RI dimana tadi sudah dipaparkan oleh ketua KPU dan juga dari Bawaslu, saya disini wajib mengingatkan kepada kita semua bahwa penanganan apapaun kegiatan yang sudah ditetapkan KPU harus memperhatikan protokol yang ada di Kabupaten Pesawaran,” ujar dia.
Dari menteri dalam negeri, bahwa penyelenggara pemilu harus membatasi jumlah peserta kegiatan tersebut dan maksimal 50 orang dengan menyesuaikan kondisi tempat.
“Pasca dari penetapan calon, yang pasti intinya pilkada kita sukses damai dan sehat, jangan sampai ada berita setelah selesai Pilkada nanti yang akan menjadi naiknya jumlah yang terkena covid,” ucap dia.
Diketahui dalam rapat, bahwa penyelanggaraan pilkada di Kabupaten Pesawaran harus menerapkan protokol kesehatan seperti seluruh personil yang terlibat menjaga jarak paling kurang 1 meter antar pihak dan menggunakan alat pelindung diri berupa masker untuk menutup hidung.
Kemudian, tidak melakukan jabat tangan dan kontak fisik lainnya serta harus menyediakan saran sanitasi berupa tempat cuci tangan dengan air mengalir.
Ditambahkan oleh Kabag OPS Polres Pesawaran Kompol. Yohanis bahwa penanganan diwilayah kepulauan akan dilakukan dengan khusus.
“Dan khusus untuk tempat pemilihan di kepulauan yang ada di Pulau Legundi dan Pulau Pahawang nanti kita akan perhatikan, karena jaraknya yang sangat jauh dan kita juga akan memperhatikan pergeseran kotak suara,” kata dia.
Oleh: sapto firmansis

Informasi Terkait
Kumpulan Informasi Terkait Dengan Informasi Diatas

Pimpinan Daerah

Government Public Relations