Pemda Pesawaran Segera Tangani Rumah Warga Yang Roboh Akibat Hujan Lebat Dan Angin Kencang

Pesawaran – Pemerintah Daerah Kabupaten Pesawaran langsung merespon dan menangani rumah salah satu warga yang berada di Dusun Sembung Desa Cilimus Kecamatan Telukpandan roboh akibat hujan lebat dan angin kencang yang terjadi pada Senin (9/8/2021) sekitar pukul 13.30 WIB.

Camat Telukpandan Zulkifli mengatakan, Ahmud (38) pemilik rumah yang roboh akibat hujan lebat disertai angin kencang yang terjadi di wilayahnya. Sesaat setelah menerima laporan tersebut, pihaknya dan tim dari Kecamatan Telukpandan langsung terjun ke lokasi kejadian.

Peristiwa tersebut terjadi pada Senin (9/8/2021) sekitar pukul 13.30 WIB. Saat kejadian itu yang berada di dalam rumah tersebut hanya istri Ahmud dan anaknya. Beruntung saat kejadian, istri dan anak Ahmud segera berlari keluar rumah. Alhamdulillah tidak ada korban jiwa dalam peristiwa yang sempat mengejutkan warga sekitar itu,” ujarnya, Senin, 9 Agustus 2021.

Menurutnya, untuk sementara ini keluarga pemilik rumah telah diungsikan ke rumah mertuanya  untuk sementara waktu. Pihaknya juga telah melaporkan kejadian tersebut kepada pihak dinas terkait seperti BPBD, Dinas Sosial, dan Baznas Kabupaten Pesawaran untuk meringankan beban atas musibah tersebut.

“Guna meringankan beban, pemilik rumah tersebut sudah melaporkan ke dinas kejadiannya. Tentu besok kami ajukan langsung ke dinas terkait secara resmi untuk memastikan,” katanya. 

Bupati Pesawaran, Dendi Ramadhona mengatakan bahwa pihaknya telah menerima informasi tersebut dan langsung memerintahkan Camat setempat guna mengecek serta menkoordinasikannya kepada dinas terkait agar segera melakukan pemantauan dan menyalurkan bantuan seperti makanan, obat-obatan dan lain sebagainya.

Ya, sudah ada informasinya dan Camat sudah ke lapangan untuk mengecek dan mendata, nantinya akan diturunkan bantuan guna meringankan beban korban. Untuk rumah yang roboh, nanti bisa dibantu oleh BAZNAS Kabupaten Pesawaran dan bantuan lain juga segera kita kirimkan,”

Ketua BAZNAS Kabupaten Pesawaran Abdul Hamid mengatakan bahwa pihaknya memiliki program unggulan guna menangani korban bencana yang mengakibatkan rumah atau yang tempat tinggalnya mengalami kerusakan. “Ya, segera kita turunkan tim untuk mendata kerusakan rumah. Sesuai dengan program kita, bedah rumah sehat layak huni nantinya segera kita berikan. Semoga korban tersebut dapat terbantu karena ini sifatnya bantuan jadi pengerjaannya juga harus didukung oleh lingkungan sekitar ataupun dari aparatur desa setempat, ” katanya.

Related posts

Alamat : Komplek Perkantoran Pemerintah Kabupaten Pesawaran Jl. Raya Kedondong, Way Layap Kec. Gedong Tataan Kabupaten Pesawaran, Provinsi Lampung Indonesia Kode Pos 35371 Tel – (0721) 8032022 Fax – (0721) 8032022 Email – diskominfo@pesawarankab.go.id