Image
2016-04-20 dibaca : 1596 Kali

Disparekraf Pesawaran Menyelenggarakan “PELATIHAN PEMANDU WISATA”

bagikan informasi ini :

 

                 

Dalam rangka pembekalan bagi pelaku wisata Pemerintah Kabupaten Pesawaran melalui Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif telah menyelenggarakan Pelatihan Pemandu Wisata. Pelatihan pembekalan keahlian ini ditujukan kepada pramuwisata, pelaku industri pariwisata serta Generasi muda yang berminat dan berbakat dalam kegiatan Pemanduan Wisata (guiding).

Pelatihan Pemandu Wisata Terpadu Tahun Anggaran 2016 dilaksanakan selama  2 (dua) hari tanggal 13  dan 14  April  2016 bertempat di  d’Jungjungans Jln. Negeri Sakti Desa Suka Banjar Kecamatan Gedongtataan Kabupaten Pesawaran.

Peserta Pelatihan Pemandu Wisata Terpadu Kabupaten Pesawaran sebanyak 50 (lima puluh ) orang berasal dari Anggota Kelompok Sadar Wisata, Generasi muda yang berminat dan berbakat dalam kegiatan Pemanduan Wisata, Muli Mekhanai Pesawaran, dan Pemandu Wisata di Obyek Wisata di Kabupaten Pesawan.

Narasumber/Pengajar/Tenaga Ahli serta Instruktur pelatihan berasal dari :

  1. Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi Lampung
  2. Praktisi di bidang Pariwisata Lampung
  3. Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kabupaten Pesawaran
  4. Bappeda Pesawaran, dan
  5. KNPI Kabupaten Pesawaran.

Materi yang di sampaikan dalam pelatihan ini diantaranya;

  1. Pengetahuan Umum tentang  Kepariwisataan
  2. Perencanaan pembangunan pariwisata daerah
  3. Peran dan Peluang Pemuda dalam promosi wisata daerah
  4. Teknik Pemanduan
  5. Pengetahuan Pelayanan di Bidang Pariwisata

Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif  (Drs. Jaka Sungkawa) menyatakan bahwa tujuan yang diharapkan melalui kegiatan ini antara lain:

  1. Menghasilkan tenaga terampil di bidang pemanduan wisata yang memiliki kemampuan dan ketrampilan khusus dalam pemanduan wisata.
  2. Meningkatkan kemampuan dan keterampilan para pramuwisata tentang trens pasar wisata dan preferensi wisatawan sehingga mampu memberikan pelayanan yang sesuai dengan keinginan wisatawan.
  3. Mampu menyusun program-program pemanduan wisata sederhana sesuai dinamika dan kekhasan alamnya.
  4. Mampu mengkomunikasikan program-program pemanduan secara menarik dan sesuai kekhasan kelompok sasaran (wisatawan) dengan teknik pemanduan yang tepat.
  5. Meningkatkan arus kunjungan dan lama tinggal wisatawan di Kabupaten Pesawaran

Sehingga pada akhirnya dapat menghasilkan para pramuwisata (travel guide) yang profesional yang memiliki lisensi  resmi.

Proses pembelajaran dalam kegiatan ini lebih ditekankan pada sistim belajar aktif dan metode belajar orang dewasa dimana peserta lebih kreatif dan mempunyai inisiatif untuk mengembangkan pengetahuan dan keterampilannya (teori dan Diskusi).

Pelatihan pemandu dibuka secara resmi oleh Bupati Pesawaran (diwakili Staf Ahli Bidang Politik dan Hukum : Bpk. Drs. M.Bazarwan Anwar) serta dihadiri oleh Wakil Ketua I DPRD Pesawaran dan unsur SKPD terkait.

Tema yang diusung dalam pelatihan pemandu wisata ini adalah : Melalui Pelatihan Pemandu Wisata Kita Tingkatkan Profesionalisme Pelayanan, Keamanan, Kenyamanan Wisatawan untuk Mewujudkan Masyarakat  Pesawaran Makmur dan Sejahtera.

Hal ini selaras dengan Visi Kabupaten Pesawaran “ Bersama Masyarakat  Mewujudkan cita-cita luhur, menjadikan Kabupaten Pesawaran yang  Maju, Makmur dan Sejahtera.”.

Tabik Pun !!!

Informasi Terkait
Kumpulan Informasi Terkait Dengan Informasi Diatas
Komentar Pengunjung
Tentang Informasi Disparekraf Pesawaran Menyelenggarakan “PELATIHAN PEMANDU WISATA”

Pimpinan Daerah

Cari Informasi

Google

Government Public Relations

Layanan Masyarakat

 

Telepon Penting

Nama Instansi Telepon
Polda Lampung 486841
Polsek Gd. Tataan 0721-94309
BNPB Pesawaran 721194764
Puskesmas Gd. Tataan 0721-94015
Bandara Raden Intan 91114
RS. Abdoel Moeloek 702455, 7033