2019-04-09 dibaca : 1 Kali

Kominfo Pesawaran Latih Admin Website Desa Trimulyo

bagikan informasi ini :

Dalam rangka peningkatan kualitas pengelolaan website desa, Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Pesawaran melaksanakan pendampingan pengelolaan website desa bagi Admin Website Desa Trimulyo Kecamatan Padang Cermin, Jumat (5/4/2019), di Kantor Desa Trimulyo. Pendampingan difokuskan pada teknis pengelolaan website meliputi tata cara mengisi konten, mengatur lay out, serta mengelola fitur yang ada di website www.trimulyo-padangcermin.desa.id.

Pendampingan secara langsung ke kantor Desa Trimulyo ini merupakan langkah kedua setelah sebelumnya melakukan bimbingan jarak jauh berupa pembuatan nama domain desa.id dan konfigurasi hosting website. Pendampingan jarak jauh serta kunjungan ke lokasi desa seperti ini diharapkan dapat membantu pemerintah desa menjaga eksistensi website yang mereka miliki dengan dikelola tenaga admin yang handal.

Website Desa Trimulyo menggunakan platform OpenSID, aplikasi opensource yang dikembangkan para pegiat TIK dengan fokus utama pada peningkatan layanan pemerintahan desa. Dengan OpenSID, Desa Trimulyo berharap dapat menyusun database penduduk secara real time dan online serta terhubung dengan dokumen surat menyurat yang biasa dikerjakan pemerintah desa. Dinas Kominfo mensupport pemanfaatan OpenSID dengan membantu memfasilitasi programmer yang concern dengan program tersebut. Kepala Bidang E-Government Gunadhi Lilik menjelaskan bahwa dukungan Dinas Kominfo terhadap pemanfaatan OpenSID di pemerintah desa se-Kabupaten Pesawaran diimplementasikan melalui aksi pendampingan langsung ke kantor desa masing-masing.

(IT/Tedi)

Informasi Terkait
Kumpulan Informasi Terkait Dengan Informasi Diatas

Pimpinan Daerah

Government Public Relations