2019-02-21 dibaca : 1 Kali

Diskominfo Pesawaran Kenalkan Aplikasi OpenSID, Nih Fungsinya

bagikan informasi ini :

Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) Kabupaten Pesawaran, Lampung, melalui bidang pemberdayaan e-government memperkenalkan aplikasi openSID (Sistem Informasi Desa) guna memaksimalkan pelayanan terhadap masyarakat. 

Kepala bidang e-government Ghunadi Lilik mengungkapkan Sistem informasi desa merupakan aplikasi yang berbasis komputer yang digunakan untuk mengelola fungsi dan tugas di kantor desa. 

Lilik juga mengungkapkan SID bisa digunakan untuk membantu pelayanan administrasi dan kependudukan (Adminduk) semisal KTP ataupun yang lainya. Dengan begitu dirinya berharap pelayanan yang diberikan kepada masyarakat dapat lebih maksimal. 

"Pelayanan Adminduk juga bisa, jadi masyarakat yang ingin mengurus keperluan administrasi semisal bisa melalui SID, sebab kita sudah terkoneksi dengan Disdukcapil sebagai sumber data base kependudukan," ujarnya ketika ditemui di ruang kerjanya, Kamis (21/2).

Selain itu dirinya juga mengatakan bahwa Diskominfo telah mempersiapkan operator desa yang bertugas untuk menjalankan SID tersebut di tiap-tiap desa yang ada di Kabupaten Pesawaran.

"Sudah ada operator desa tugasnya membantu desa menjalankan sistem tersebut, pelatihan juga kami berikan, rencananya pelatihan akan dilakukan secara rutin selain melihat antusiasme dari peserta juga," ujarnya.

Untuk saat ini sendiri Lilik mengatakan baru ada tiga Desa yang telah menerapkan SID tersebut antara lain Desa Hanura, Gunung Rejo dan juga Desa Tri Rahayu.

 

Sumber : https://www.jp-news.id/v/6439/dikominfo-pesawaran-kenalkan-aplikasi-opensid-nih-fungsinya

Informasi Terkait
Kumpulan Informasi Terkait Dengan Informasi Diatas

Pimpinan Daerah

Government Public Relations