2019-01-10 dibaca : 39 Kali

Dua Sumur Bor Resmi Dihibahkan Kementrian ESDM Untuk Pesawaran

bagikan informasi ini :

Tenaga Ahli Geologi dari Kementrian Energi Dan Sumber Daya Mineral  (ESDM) Kasminto menyerahkan bantuan Sumur Bor Air Bersih di Desa Purworejo Kecamatan Negeri Katon Kabupaten Pesawaran, Kamis (10/01).

Ada dua titik Sumur bor yang diserahkan yakni di Desa Penengahan Kecamatan Way Khilau dan Desa Purworejo Kecamatan Negeri Katon. Sebelumnya di 2011 sampai 2016 ada empat titik sumur bor yang dibangun.

Dalam sambutannya Kasminto mengatakan bahwa masih banyak daerah di Indonesia  yang membutuhkan air bersih namun terkendala biaya atau kondisi alam.

“Secara nasional, ada 2290 titik Sumur Bor yang dibangun dengan kapasitas 144juta meter kubik dan diperuntukan bagi 6600juta jiwa. Masih banyak di Indonesia yang masih membutuhkan air bersih namun terkendala dengan biaya atau kondisi alam, ” kata dia.

Diterangkan, bahwa selama 2018 ada empat titik lokasi sumur bor yang dibangun melalui Badan Geologi Kementrian Energi dan Sumber Daya Mineral.

“Selama 2018 ada empat lokasi sumur bor yang dibangun oleh Kementrian ESDM di Kabupaten Pesawaran dengan kapasitas 2551 meter kubik dan dapat dikonsumsi 12800jiwa. Manfaatkan dengan baik dan rawat serta dijaga agar dapat dilangsungkan dalam waktu lama, ” terang dia.

Dijelaskan,  Kementrian ESDM menganggarkan pembuatan sumur bor masing-masing 400 juta rupiah pertitik dengan kedalaman 100 sampai 125 meter. “Untuk Kabupaten Pesawaran kita alokasikan dua titik sumur bor dengan 800 juta rupiah, ” jelas dia.

Menyikapi apa yang disampaikan Kasminto, Bupati Pesawaran Dendi Ramadhona mengatakan bahwa bantuan sumur bor tersebut memang sangat dibutuhkan Desa Purworejo dan Desa Penengahan.

“Terima kasih kepada Kementrian ESDM yang sudah membantu masyarakat Kabupaten Pesawaran untuk mengatasi kekeringan. Semoga kedepan tidak lagi kesulitan air bersih meski kemarau panjang, karena debit airnya memang besar, ” kata dia.

Menurutnya, bantuan sumur bor harus dijaga dengan baik jangan sampai nantinya dirusak atau dimiliki kelompok tertentu.

“Bantuan ini untuk masyarakat, bukan kelompok apalagi perorangan. Untuk itu, saya minta harus dirawat dijaga dan diamankan dari tangan tangan jahil atau iseng merusak sumur bor, ” ujar dia.

Ditegaskan, bahwa bantuan sumur bor dari pemerintah pusat sangat banyak kompetitornya sehingga tidak mudah didapat.

“Alhamdulillah, Pesawaran bisa mendapatkan bantuan sumur bor ini. Banyak yang mengusulkan, namun Pesawaran yang dipilihnya. Ini artinya ada komunikasi baik antara pemerintah Kabupaten Pesawaran dengan Pemerintah Pusat. Sampaikan salam ke Pak Mentri, bantuan sudah kita terima dan semoga bermanfaat bagi masyarakat, ” tegas dia

 

Sumber : https://pelitanusantara.co.id/2019/01/dua-sumur-bor-resmi-dihibahkan-kementrian-esdm-untuk-pesawaran/

Informasi Terkait
Kumpulan Informasi Terkait Dengan Informasi Diatas

Pimpinan Daerah

Government Public Relations