2018-05-09 dibaca : 227 Kali

Pelantikan Saka Kencana Pesawaran

bagikan informasi ini :

PESAWARAN–  Gerakan pramuka sebagai gerakan yang mengedepankan pembentukan karakter bagi generasi muda menjadi pilihan tepat untuk menjadi sasaran utama pembangunan sumber daya manusia unggulan dimasa depan.

Oleh karena itulah, Ketua Kwartir Cabang (Kwarcab) Pesawaran, Aria Guna, S.Sos.I., M.M.  mengukuhkan pengurus Satuan Karya Pramuka Keluarga Berencana (Saka Kencana) Tingkat Cabang Pesawaran berlangsung di Gedung Serba Guna (GSG) Pemkab Pesawaran, Selasa (08/05/2018), dihadiri Assisten III Bidang Adm Umum Setdakab Drs, Silahudin, M.M. Ketua Tim Penggerak PKK Kab. Pesawaran Ny. Nanda Indira Dendi, SE, Kepala OPD dan Kader Keluarga Berencana peserta Rakorda KB dan Forum Genereasi Berencana Kabupaten Pesawaran.

Prosesi pelantikan yang berjalan khidmat tersebut berlangsung di ruang Gedung Serba Guna (GSG) Pemkab Pesawaran, dan dihadiri juga oleh Assisten III Bidang Adm Umum Drs. Silahuddin, M.M., Ketua TP PKK Kabupaten Pesawaran Ny. Nanda Indira Dendi, S.E., Kepala OPD, Kader Keluarga Berencana peserta Rakorda KB dan Forum Genereasi Berencana Kabupaten Pesawaran.

Dalam pelantikan tersebut Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kab. Pesawaran Maisuri, S.E., M.M. dikukuhkan menjadi Ketua Majelis Pembimbing Satuan Karya Pramuka Keluarga Berencana (Mabi Saka Kencana), kemudian untuk sekretaris dijabat Haidar SDA, SMK, M.Kes, , dengan anggota para Kepala Dinas dinas PP dan KB, dan untuk Pimpinan saka cabang (Pinsakacab) ketua dijabat Husen, A.Md

Pelantikan ini sendiri berdasarkan surat keputusan Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Pesawaran No 015 Tahun 2018 tentang Pengurus Majelis Pembimbing Saka dan Pimpinan Saka Paramuka Kencana tingkat Kwarcab Pesawaran.

Ketua Mabisaka Maisuri  dalam sambutannya mengatakan bahwa Saka Kencana adalah sebuah pengabdian  yang mengemban tugas mulia sehingga digharapkan terus menjadi lokomotif untuk melakukan gerakan di program kependudukan dengan mengedepankan prinsip Dasa Dharma Pramuka.

"Saka Kencana dalam kiprahnya beberapa waktu yang lalu sudah dirasakan member kontribusi dalam pelaksanaan program keluarga berencana (KB), salah satu contoh yakni kakak penegak dan pandega bersama dengan para kader KB aktif dalam melakukan pendataan keluarga, membantu kader Posyandu bahkan para Pamong Saka Kencana ikut menjadi tim dalam kegiatan safari KB dan lain sebagainya, kata Maisuri.

Secara operasional Saka Kencana, lanjut Maisuri, memfokuskan pengabdiannya pada pembentukan karakter bangsa melalui pembinaan remaja, hal ini sejalan dengan cita-cita Dinas pengendalian Kependudukan dan  KB agar remaja yang akan datang mampu menjadi generasi berencana (genre), ujarnya.

Sementara itu, Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Pesawaran Aria Guna, S.Sos.I., M.M. menambahkan “Pengukuhan ini menjadi momentum yang tepat untuk meningkatkan komitmen dan pengabdian kader untuk terus mendukung terwujudnya Kabupaten Pesawaran Terkemuka pada sektor keluarga berencana,” kata Aria.

Menurutnya, Saka Kencana merupakan bagian dari gerakan pramuka yang merupakan wadah kegiatan dan pendidikan untuk meningkatkan pengetahuan keterampilan praktis dan bakti masyarakat, dalam bidang Keluarga Berencana, Keluarga Sejahtera dan Pengembangan Kependudukan.

“Tujuan terbentuknya Saka Kencana ini untuk membina anggota Gerakan Pramuka agar dapat menjadi tenaga kader pembangunan dalam bidang Keluarga Berencana, Keluarga Sejahtera dan Pembangunan Kependudukan. Menjadi motivator diantara sesamanya dan mendorong untuk menjauhi perilaku negatif,” ujar anggota DPRD Kabupaten Pesawaran  ini.

“Kita ingin pelantikan pengurus baru ini menjadi semangat baru untuk meningkatkan dan mempercepat program Kependudukan, Keluarga Berencana dan Keluarga Sejahtera dibumi Andan Jejama melalui Krida Kependudukan, Krida Kesehatan Reproduksi, Krida Ketahanan dan Kesejahteraan Keluarga dan Krida Generasi Berencana (Genre),” kuncinya.

Informasi Terkait
Kumpulan Informasi Terkait Dengan Informasi Diatas
Komentar Pengunjung
Tentang Informasi Pelantikan Saka Kencana Pesawaran

Pimpinan Daerah

Government Public Relations