2018-04-19 dibaca : 232 Kali

Koordinasi High Level Meeting Tim Pengendalian Inflasi Daerah Jelang Bulan Ramadhan

bagikan informasi ini :

Kepala Bagian Perekonomian Sekretariat Daerah Kabupaten Pesawaran Halimah Zakaria mengikuti rapat koordinasi High Level Meeting Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) di Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Lampung, Selasa (17/4/2018). Rapat tersebut merupakan bentuk koordinasi untuk memperkuat langkah-langkah pengendalian harga sepanjang tahun, termasuk periode Bulan Ramadhan.

Sekretaris Daerah Provinsi Lampung selaku ketua harian TPID Provinsi Lampung memberikan arahan kepada seluruh TPID Kabupaten/Kota untuk melakukan upaya konkrit menjaga inflasi tetap rendah dan stabil. Berikut poin-poin arahan yang disampaikan ketua harian TPID Provinsi Lampung:

  1. Memantau Ketersediaan pasokan, keamanan dan kelayakan pangan di seluruh Kabupaten/Kota se-Provinsi Lampung.
  2. Menyelenggarakan operasi pasar bekerjasama dengan BULOG dalam rangka Stabilisasi harga secara terstruktur dan merata di seluruh Provinsi Lampung.
  3. Menyelenggarakan pasar murah bekerjasama dengan beberapa BUMN/D dan pihak swasta di hampir seluruh kota Provinsi Lampung.
  4. Memastikan Penyaluran beras sejahtera (RASTRA) dan bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) di seluruh Kabupaten/Kota di Provinsi Lampung kepada rumah tangga sasaran dengan kualitas yang terjaga.
  5. Menjaga Keterjangkauan Harga dengan secara konsisten dan Bersama-sama Memantau Perkembangan harga Pasar.
  6. Mengawasi Kelancaran dan Keamanan distribusi Komoditas Pangan antar daerah di Lampung serta mencegah Penimbunan Komoditas pangan.
  7. Memastikan Ketersediaan BBM dan Elpiji dalam jumlah dan jenis yang sesuai dengan Kebutuhan Masyarakat mengingat Lampung merupakan jalur Perlintasan dari Sumatera ke Jawa dan sebaliknya.
  8. Menetapkan dan Menghimbau penetapan tarif angkutan Mudik/Lebaran secara wajar.
  9. Menghimbau kepada Masyarakat Lampung tidak perlu merasa khawatir karena persediaan Pasokan bahan Pangan strategis di Lampung pada kondisi yang “AMAN dan CUKUP “untuk memenuhi kebutuhan masyarakat Lampung merayakan Puasa Ramadhan dan Idul fitri.  Oleh karena itu, masyarakat hendaknya berbelanja dengan bijak, membeli barang sesuai dengan kebutuhan dan menghindari konsumsi secara berlebihan. Dengan Perilaku konsumsi masyarakat yang terkendali gejolak harga pangan tidak perlu terjadi.  

Informasi Terkait
Kumpulan Informasi Terkait Dengan Informasi Diatas
Komentar Pengunjung
Tentang Informasi Koordinasi High Level Meeting Tim Pengendalian Inflasi Daerah Jelang Bulan Ramadhan

Pimpinan Daerah

Government Public Relations