2018-04-04 dibaca : 479 Kali

Bupati Dendi Hadiri Pembukaan Orientasi Kepramukaan

bagikan informasi ini :

Bupati pesawaran H. Dendi Ramadona, menghadiri Pembukaan Orientasi kepramukaan yang berlangsung  di Gedung GSG Kabupaten Pesawaran. Rabu(4/4/2018).

Tampak hadir Ketua Kwarda Gerakan Pramuka Lampung, Wakil Ketua dan Anggota MABICAB Gerakan Pramuka Pesawaran, Ketua Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Pesawaran beserta Andalan Cabang, Para Camat selaku Ketua MABIRAN Gerakan Pramuka, dan Para Ketua Kwartir Ranting Gerakan Pramuka Kabupaten Pesawaran.

Dalam sambutannya, Bupati pesawaran H. Dendi Ramadona yang juga selaku Ketua MABICAB Gerakan Pramuka Pesawaran mengatakan, saya ucapan selamat atas terlaksananya kegiatan Orientasi Kepramukaan ini, yang mengusung tema : “Penguatan Peran Ketua MABIGUS menuju Pesawaran sebagai Lumbung Pramuka”.

Hal ini mengindikasikan jajaran Kwartir Cabang Pesawaran tetap konsisten dan fokus dalam mendidik kaum muda berkarakter, dan Gugusdepan sebagai ujung tombak pendidikan berkarakter.

Menurutnya, Karakter merupakan kualitas kepribadian tangguh yang dimiliki secara kolektif oleh masyarakat luas, dan bermuara pada nilai-nilai inti (core values) seperti amanah, menghormati orang lain dan toleran, kejujuran, kasih sayang, tanggung jawab serta kewarganegaraan (sosial). Nilai-nilai ini harus dipelihara agar selalu bisa menjadi inspirasi, pengobar semangat dan mampu berfungsi sebagai human capital sebuah bangsa karena karakter nasional menentukan ketahanan nasional bangsa.

Kita menyadari bahwa pendidikan karakter dan moral sangat penting, kita membutuhkan moral dan akhlak karimah dalam segala sektor kehidupan. Gerakan Pramuka merupakan ujung tombak pendidikan karakter bangsa yang dapat diandalkan karena konsistensinya.

Gerakan Pramuka harus menjadi yang terdepan melaksanakan revolusi mental, revolusi menjadi bangsa memiliki karakter yang baik, jujur, disiplin, beretos kerja, tangguh, dan bertanggung jawab dengan bersandar pada nilai – nilai budayanya yang baik. Revolusi Mental yang dimaksud adalah perubahan cara berpikir dan bertindak untuk ikut memiliki tanggung jawab dalam melakukan pembangunan bangsa dan Negara.

Hal ini sesuai dengan Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2010 tentang Gerakan Pramuka, organisasi pramuka harus diakui telah mewarnai sejarah hidup bangsa ini.

Dendi juga menambahkan , Gerakan Pramuka berperan membangun karakter bangsa Indonesia. Untuk itu, Pendidikan Kepramukaan sebagai Kegiatan Ekstra kurikuler Wajib pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah. Pendidikan Kepramukaan dilaksanakan untuk menginternalisasikan nilai ketuhanan, kebudayaan, kepemimpinan, kebersamaan, sosial, kecintaan alam, dan kemandirian pada peserta didik.

sumber : http://media-merdeka.com/2018/bupati-dendi-hadiri-pembukaan-orientasi-kepramukaan.html

Informasi Terkait
Kumpulan Informasi Terkait Dengan Informasi Diatas

Pimpinan Daerah

Government Public Relations