2018-01-20 dibaca : 337 Kali

Kominfo Pesawaran Sosialisasikan Desa.id

bagikan informasi ini :

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Pesawaran Ahmad Syafei mengajak para kepala desa se-Kabupaten Pesawaran untuk memanfaatkan website dan sosial media sebagai sarana publikasi kegiatan pembangunan di desa masing-masing. Hal itu disampaikan pada acara rapat koordinasi kepala desa se-Kabupaten Pesawaran di Gedung Serba Guna Pemkab Pesawaran, Jumat kemarin (19/1/2018). Kegiatan yang digelar rutin tersebut juga dihadiri Bupati Pesawaran Dendi Ramadhona serta eselon 2 dan 3 Pemkab Pesawaran.

Pesatnya perkembangan teknologi informasi memaksa para penyelenggara negara termasuk kepala desa untuk beradaptasi dan mengikuti arus perubahan sehingga tidak gagap dalam menghadapi dampak dari perkembangan teknologi informasi tersebut. Bentuk adaptasi yang diharapkan diantaranya adalah dengan membuat website desa dan akun di sosial media seperti facebook, twitter, instagram, atau yotube. Demikian ditegaskan Ahmad Syafei di forum tersebut.

Dalam hal pengelolaan website, Dinas Kominfo menjelaskan perihal domain desa.id sebagai alamat website resmi pemerintah desa sebagaimana diatur dalam Peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika nomor 5 tahun 2015. Desa-desa yang sudah maupun yang belum memiliki website diharuskan membuat alamat website dengan domain desa.id misalnya www.padangratu.desa.id dan tidak diperkenankan menggunakan lainnya seperti .com atau .net. Dinas Kominfo Pesawaran juga memfasilitasi pendaftaran domain desa di wilayah Kabupaten Pesawaran ke Kementerian Kominfo untuk mempermudah desa.

Kasi Pengelolaan e-government Ihsan Taufiq menuturkan bahwa sampai dengan saat ini baru 39 desa yang didaftarkan domain desa.id melalui akun pendaftaran domain Dinas Kominfo Pesawaran. Masih ada 109 desa lain yang potensial didaftarkan atau dikelola nama domainnya oleh Dinas Kominfo. Bagi desa yang sudah memiliki website dengan alamat desa.id, disarankan mengalihkan pengelolaan nama domainnya ke Dinas Kominfo. Sementara bagi desa yang memiliki website dengan alamat bukan desa.id, diminta berkoordinasi dengan Dinas Kominfo untuk mengubahnya menjadi desa.id.

Informasi Terkait
Kumpulan Informasi Terkait Dengan Informasi Diatas
Komentar Pengunjung
Tentang Informasi Kominfo Pesawaran Sosialisasikan Desa.id

Pimpinan Daerah

Government Public Relations