2018-01-17 dibaca : 524 Kali

Kwarcab Pesawaran Cetak Calon Pembina Pramuka Handal

bagikan informasi ini :

Pesawaran: Tugas Tugas pokok gerakan Pramuka adalah menyelenggarakan pendidikan kepramukaan bagi anak-anak dan pemuda Indonesia, mencari tujuan Gerakan Pramuka sehingga dapat membentuk kader-kader pembangunan yang berjiwa Pancasila dan sanggup serta mampu menyelenggarakan pembangunan masyarakat, bangsa dan negara, hal itu disampaikan Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Pesawaran Aria Guna, Sos.I, MM saat membuka Kursus Pembina Pramuka Mahir Tk. Dasar (KMD), Senin (15/01/2018) di Perguruan Diniyah Putri Lampung, dihadiri Kadis Dikbud, Kadispora, Kepala Kemenag, Polres Pesawaran, Camat Gedongtataan, dan segenap andalan cabang Kwarcab Pesawaran.

Dalam kesempatan itu, Aria Guna menjelaskan bahwa Gerakan Pramukahidup dan bergerak di tengah masyarakat dan berusaha membentuk kader-kader pembangunan yang berguna bagi masyarakat.  Karenanya,  lanjut Aria, gerakan Pramuka memperhatikan pula keadaan, kemampuan, kebutuhan dan harapan masyarakat termasuk para orang tua. Sehingga gerakan Pramuka terutama pada satuan-satuannya dapat menyiapkan tenaga Pramuka sesuai dengan apa yang diharapkan orang tua dan masyarakat setempat.

Masalah yang dihadapi Gerakan Pramuka saat ini, kata Aria adalah rendahnya kualitas dan kuantitas Pembina Pramuka. Sudah amat jarang terjadi munculnya Pembina baru yang memiliki pengalaman ketika menjadi siaga, penggalang, penegak maupun Pandega. “Banyak Pembina yang muncul karena jabatannya sebagai seorang guru”.

Ia memberikan contoh, guru olahraga, guru kelas, yang notabene kurang memiliki pengalaman yang cukup sebagai anggota gerakan Pramuka sebelumnya. Kurangnya pengalaman mereka sudah barang tentu akan berakibat pada lemahnya pemahaman mereka terhadap ide dasar pendidikan kepramukaan.

Sebagai upaya peningkatan pengetahuan dan wawasan Pembina Pramuka dalam membina peserta didik agar tercapainya tujuan gerakan Pramuka maka, diperlukan pendidikan dan latihan (kursus) untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas sehingga mengerti dan memahami serta ikut memiliki gerakan Pramuka sehingga sadar secara sukarela membantu baik moril maupun materiil terhadap pelaksanaan pendidikan dan latihan di dalam gerakan Pramuka. Selain itu, diharapkan pula muncul Pembina Pramuka yang memiliki pengalaman dalam hal Kepramukaan serta memahami ide dasar Kepramukaan. Tidak sekedar memandang pendidikan kepramukaan sebagai pelengkap kegiatan ekstrakurikuler di sekolah, melainkan mendudukan pendidikan kepramukaan dalam sistem pendidikan nasional, yaitu sebagai Sub sistem pendidikan persekolahan (formal), kata Aria Guna.

“Selamat kepada para peserta Kursus Pembina Pramuka Mahir Tingkat Dasar (KMD), mudah-mudahan dari semua peserta ini dapat menjadi calon pemimpin dimasa mendatang. Pemuda sekarang adalah pemimpin di masa mendatang. Semoga dengan diadakannya kegiatan ini peserta menjadi pribadi yang berkarakter, berakhlak terpuji, mandiri, semangat bekerja keras dan disiplin. Mudah-mudahan kalian menjadi insan-insan yang berguna bagi masyarakat dan bangsa. Sebaik-baik manusia adalah yang bermanfaat bagi manusia yang lainnya. Semoga kegiatan ini dapat berjalan dengan lancar.” Ujarnya.

Kegiatan KMD ini diikuti oleh 124 calon pembina yang terdiri dari 22 putra dan 202 putri. Kegiatan ini akan berlangsung selama 6 hari, dimulai dari tanggal 15 Januari sampai 20 Januari 2018. Acara ini dibuka dengan resmi ditandai dengan penyerahan tunggul latihan kepada pemimpin kursus (Pinsus) Dra. Hj. Maimun Syawkat, M.Ag.

Dalam sambutannya, kak menyampaikan “Nantinya para peserta KMD akan diberi pembekalan dan juga ujian tentang materi yang telah diberikan, kita yakin akan bisa mencetak pembina yang handal yang akan membina di Gugus Depannya masing-masing,"ucap kak maimun.

“Sebagai seorang calon pembina pasti akan berhadapan dengan anak-anak, pendidikan karakter bagi anak-anak saat ini sangatlah penting.  Pembinaan karakter dimulai sejak anak usia Siaga. Ibarat membuat rumah, pondasi itu harus kuat dahulu. Inilah yang nanti akan kakak-kakak dapatkan dalam kursus ini. Materi yang diberikan bukan hanya materi dalam ruangan akan tetapi juga luar ruangan (lapangan). Materi lapangan ini adalah pembinaan karakter yang langsung praktek. Semoga peserta KMD bisa mengikuti kursus ini hingga akhir dan lulus semua.” Punkasnya.

 

Informasi Terkait
Kumpulan Informasi Terkait Dengan Informasi Diatas
Komentar Pengunjung
Tentang Informasi Kwarcab Pesawaran Cetak Calon Pembina Pramuka Handal

Pimpinan Daerah

Government Public Relations