Image
2017-11-27 dibaca : 157 Kali

Kominfo Pesawaran Gelar Pelatihan Aplikasi PPID

bagikan informasi ini :

Pemerintah Kabupaten Pesawaran melalui Dinas Komunikasi dan Informatika menggelar Pelatihan  Aplikasi Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) untuk Organisasi Perangkat Daerah se-Kabupaten Pesawaran di Kantor Dinas Kominfo, Senin (27/11). Jumlah  peserta pelatihan 44 orang mewakili unsur Dinas, Badan, Sekretariat Daerah, Sekretariat DPRD, serta Kecamatan yang dibagi dalam 3 sesi. Pelatihan dibuka secara resmi oleh Sekretaris Dinas Kominfo Pesawaran Darwin Firnandes didampingi Kepala Bidang E-Government Gunadhi Lilik.

Mewakili Kepala Dinas Kominfo yang sedang menghadiri kegiatan lain, Sekretaris Dinas Darwin Firnandes menyampaikan ucapan terima kasih atas partisipasi OPD mengikuti pelatihan. Darwin menilainya sebagai sebuah itikad baik para seluruh OPD dalam melaksanakan amanat UU Keterbukaan Informasi Publik. Melalui aplikasi PPID, kata Darwin, layanan informasi bisa dilakukan secara online yang tentu saja lebih memudahkan masyarakat sebagai pemohon informasi maupun Pemerintah Daerah sebagai pemberi informasi.

Aplikasi PPID yang disosialisasikan merupakan aplikasi yang dikembangkan Kementerian Dalam Negeri dan dimanfaatkan oleh Pemerintah Daerah. Di Pesawaran, aplikasi tersebut ditautkan dengan nama www.ppid.pesawarankab.go.id. Masyarakat yang bermaksud meminta informasi dari Pemerintah Kabupaten Pesawaran bisa mengajukan melalui aplikasi tersebut dengan terlebih dahulu mendaftarkan diri secara online di laman tersebut untuk mendapatkan hak akses. Fitur yang ada didalamnya terbilang sederhana dan mudah dijalankan oleh pengguna.

Setiap permohonan informasi akan masuk dan terlihat oleh admin Kabupaten Pesawaran untuk selanjutnya direspon langsung atau didisposisikan ke OPD yang membidangi urusan yang diminta pemohon. Admin OPD kemudian merespon setiap permohonan baik mengabulkannya atau menolaknya tergantung kajian dari sisi regulasi keterbukaan informasi. Semua proses dilakukan secara online tanpa harus ada tatap muka antara pemohon dengan admin aplikasi OPD.

Usai acara dilanjutkan dengan Sharing Session dan pendalaman materi serta konsultasi teknis yang disampaikan oleh Kepala Seksi Bidang Pengelolaan E-Government.

Informasi Terkait
Kumpulan Informasi Terkait Dengan Informasi Diatas
Komentar Pengunjung
Tentang Informasi Kominfo Pesawaran Gelar Pelatihan Aplikasi PPID

Pimpinan Daerah

Cari Informasi

Google

Government Public Relations

Layanan Masyarakat