Image
2017-01-20 dibaca : 1306 Kali

Seleksi Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama Secara Terbuka Dan Kompetitif Di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Pesawaran Tahun 2017

bagikan informasi ini :

PANITIA SELEKSI PENGISIAN JABATAN

PIMPINAN TINGGI PRATAMA SECARA TERBUKA

KABUPATEN PESAWARAN

Komplek Perkantoran Pemkab. Pesawaran Jl. Raya Kedondong Binong Desa Way Layap

Gedong Tataan

PENGUMUMAN

Nomor : 800/02/IV.03/JPTP-PSW/2017

TENTANG
SELEKSI JABATAN PIMPINAN TINGGI PRATAMA SECARA TERBUKA DAN KOMPETITIF DI LINGKUNGAN PEMERINTAH KABUPATEN PESAWARAN TAHUN 2017

DASAR :

  1. Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara;
  2. Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah;
  3. Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia Nomor 13 Tahun 2014 tentang Tata Cara Pengisian Jabatan Pimpinan Tinggi Secara terbuka di Lingkungan Instansi Pemerintah;
  4. Peraturan Pemerintah Nomor 18 Tahun 2016 tentang Perangkat Daerah;
  5. Surat Komisi Aparatur Sipil Negara Nomor : B-2511/KASN/12/2016 tanggal 22 Desember 2016 perihal : Rekomendasi Pengisian JPT Pratama di lingkungan Pemerintah Kabupaten Pesawaran.

Sehubungan dengan dasar tersebut di atas, bersama ini kami mengundang Pegawai Negeri Sipil yang memenuhi persyaratan untuk mengikuti seleksi terbuka pengisian :

  1. Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama (Sekretaris Daerah Kabupaten Pesawaran).
  2. Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama (Esselon II.b)

 A. Persyaratan JPTP (Sekretaris Daerah)

  1. Berstatus sebagai Pegawai Negeri Sipil pada Pemerintah Provinsi Lampung dan Pemerintah Kabupaten/Kota se-Provinsi Lampung;
  2. Usia setinggi-tingginnya 58 tahun pada saat pendaftaran;
  3. Sehat jasmani, rohani dan bebas narkoba dari Rumah Sakit Pemerintah;
  4. Mendapat persetujuan dari Pejabat Pembina Kepegawaian (PPK);
  5. Pendidikan minimal S-1;
  6. Berpangkat minimal Pembina Tingkat I (Golongan IV.b) atau Pejabat Fungsional Ahli Madya berpangkat minimal Pembina Tingkat I (Golongan IV.b).
  7. Bagi Pejabat Struktural sedang dan/atau pernah menduduki Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama (Eselon II-b) dan sekurang-kurangnya pernah 2 (dua) kali menduduki Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama (eselon II-b) sedangkan bagi pejabat fungsional sedang menduduki jabatan fungsional sekurang-kurangnya Jenjang Ahli Madya.
  8. Tidak memiliki afiliasi dan/atau menjadi pengurus/anggota partai politik;
  9. Tidak pernah menjalani hukuman pidana;
  10. Tidak pernah menjalani hukuman disiplin tingkat sedang atau berat;
  11. Semua unsur penilaian prestasi kerja sekurang-kurangnya bernilai baik dalam 2 (dua) tahun terakhir.

 B. Persyaratan JPTP (Esselon II.b)

  1. Berstatus sebagai Pegawai Negeri Sipil pada Pemerintah Provinsi Lampung dan Pemerintah Kabupaten/Kota se-Provinsi Lampung;
  2. Usia setinggi-tingginnya 58 tahun pada saat pendaftaran;
  3. Sehat jasmani, rohani dan bebas narkoba dari Rumah Sakit Pemerintah;
  4. Mendapat persetujuan dari Pejabat Pembina Kepegawaian (PPK);
  5. Pendidikan minimal S-1;
  6. Berpangkat minimal Pembina (Golongan IV.a) atau Pejabat Fungsional Ahli Madya berpangkat minimal Pembina (Golongan IV.a;
  7. Bagi Pejabat Struktural sedang dan/atau pernah menduduki Jabatan Administrasi (Eselon III) dan sekurang-kurangnya pernah 2 (dua) kali menduduki Jabatan Administrasi (eselon III) sedangkan bagi pejabat fungsional sedang menduduki jabatan fungsional sekurang-kurangnya Jenjang Ahli Madya.
  8. Tidak memiliki afiliasi dan/atau menjadi pengurus/anggota partai politik;
  9. Tidak pernah menjalani hukuman disiplin tingkat sedang atau berat;
  10. Tidak terkena tuntutan ganti rugi kerugian negara (dikeluarkan oleh Inspektorat);
  11. Semua unsur penilaian prestasi kerja sekurang-kurangnya bernilai baik dalam 2 (dua) tahun terakhir.

Pendaftaran dibuka mulai tanggal 05 s/d 25 Januari 2017 setiap hari mulai Pukul 08.00 s.d 15.00 WIB dan Seluruh Dokumen Persyaratan Administrasi disampaikan secara langsung sebanyak 2 (dua) rangkap dalam 1 (satu) amplop tertutup berwarna coklat ditujukan kepada “Ketua Panitia Seleksi Terbuka Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Pesawaran d.a. Komplek Perkantoran Pemkab. Pesawaran Jl. Raya Kedondong Binong Desa Way Layap, Gedong Tataan” dengan melengkapi persyaratan sebagai berikut :

  1. Fotocopy sah Ijazah Terkahir;
  2. 2. Fotocopy sah SK Pangkat Terakhir;
  3. 3. Fotocopy sah SK Pengangkatan Dalam Jabatan Struktural;
  4. 4. Fotocopy sah Diklat Kepemimpinan yang pernah diikuti;
  5. 5. Fotocopy sah Penilaian Kinerja Tahun 2015 dan 2016;
  6. 6. Daftar Riwayat Hidup;
  7. 7. Mengisi Pakta Integritas;
  8. 8. Surat Keterangan Sehat dari Dokter dari RSUD milik Pemerintah;
  9. 9. Surat Keterangan Bebas Narkoba dari RSUD milik Pemerintah;
  10. 10. Tidak terkena tuntutan ganti rugi kerugian negara (dikeluarkan oleh Inspektorat);
  11. 11. Surat Keterangan Tidak sedang menjalani hukuman disiplin tingkat sedang atau berat (dikeluarkan oleh Inspektorat);
  12. 12. Pas photo terbaru berwarna dengan latar belakang warna merah ukuran 3x4 cm sebanyak 4 (empat) lembar;
  13. 13. Melampirkan pokok-pokok pikiran tentang Rencana Strategis yang berkaitan dengan jabatan yang dilamar dengan ketentuan ditulis dikertas A4, menggunakan spaci 1,5 minimal 10 halaman, font Arial huruf 12 (sebanyak 5 rangkap), dengan sistematikan penulisan sebagai berikut :

BAB I PENDAHULUAN

  1. Latar Belakang
  2. Tujuan Penulisan Pokok Pikiran.

BAB II GAMBARAN UMUM

  1. Gambaran Umum Kabupaten Pesawaran;
  2. Visi dan Misi Pemerintah Kabupaten Pesawaran;
  3. Isu Strategis Pembangunan di Kabupaten Pesawaran.

BAB III POKOK PIKIRAN/RENCANA STRATEGIS

  1. Fungsi JPTP sebagai Pengguna Anggaran (Perencanaan Anggaran, Penatausahaan dan Pertanggungjawaban);
  2. Fungsi JPTP sebagai Pembina Aparatur SKPD.
  3. Rumusan strategi, kebijakan dan program penjabaran Visi Misi Bupati Pesawaran di tingkat SKPD.

BAB IV PENUTUP.

C. Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama yang dibuka melalui seleksi terbuka saat ini adalah :

  1. Sekretaris Daerah Kabupaten Pesawaran
  2. Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat;
  3. Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan Sumber Daya Manusia;
  4. Sekretaris DPRD;
  5. Inspektur;
  6. Kepala Satuan Polisi Pamong Praja;
  7. Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan;
  8. Kepala Dinas Koperasi dan UKM;
  9. Kepala Dinas Pertanian;
  10. Kepala Dinas Perhubungan;
  11. Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika;
  12. Kepala Dinas Lingkungan Hidup;
  13. Kepala Dinas Pariwisata;
  14. Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana;
  15. Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga;
  16. Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu;
  17. Kepala Dinas Ketahanan Pangan;
  18. Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang;
  19. Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman;
  20. Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak;
  21. Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah;
  22. Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan;
  23. Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah;
  24. Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik;
  25. Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah.

D. Tahapan Seleksi

  1. Tahap Seleksi Administrasi.
  • Panitia Seleksi melakukan verifikasi terhadap kelengkapan berkas administrasi sesuai dengan ketentuan yang dipersyaratkan.
  • Panitia Seleksi menetapkan dan mengumumkan calon peserta yang memenuhi persyaratan administrasi untuk mengikuti seleksi selanjutnya.
  • Seleksi Administrasi menggunakan sistim gugur.
  1. Tahap Seleksi Kompetensi

        Tahapan dalam seleksi kompetensi ini adalah:

  1. Pengisian Formulir Seleksi Kompetensi
  2. Assesmen Mandiri
  3. Ujian Tertulis
  4. Observasi Portofolio
  1. Tahap Pendalaman Penulisan Rencana Strategis (Renstra) dan Uji Substantif Calon Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama (JPTP) :
  • Masing-masing peserta seleksi diwajibkan mempresentasikan Rencana Strategis yang telah disusunnya dihadapan Panitia Seleksi dengan durasi waktu ± 10 menit
  • Dilanjutkan dengan wawancara pendalaman Renstra. Masing-masing anggota Pansel mengajukan pertanyaan kepada setiap peserta seleksi untuk menguji penguasaan materi renstra peserta.
  1. Tahap Wawancara Akhir
  • Wacancara dilakukan untuk mendalami aspek peminatan, sikap, karakter dan motivasi JPTP dalam melaksanakan tugas dan fungsinya
  • Wawancara dilakukan dengan metode dialog, diskusi, dan kasus yang berkaitan dengan JPTP.

E. Jadwal Pendaftaran dan Seleksi

­­NO

KEGIATAN

TANGGAL

1

Rapat persiapan seleksi terbuka JPT Pratama Kabupaten Pesawaran

20 Desember 2016

2

Konsultasi pelaksanaan seleksi terbuka ke KASN

21 Desember 2016

3

Persetujuan KASN

22 Desember 2016

4

Rapat persiapan seleksi terbuka antara Panitia Seleksi, Assessor dan Sekretariat Pansel

4 Januari 2016

 

5

Pengumuman seleksi terbuka JPT Pratama Kabupaten Pesawaran

05 – 25 Januari 2017

 

6

Penerimaan berkas

05 – 25 Januari  2017

7

Penutupan penerimaan berkas

25 Januari  2017

8

Seleksi administrasi/penelitian berkas

26 Januari 2017

9

Penetapan hasil seleksi administrasi

26 Januari  2017

10

Pengumuman hasil seleksi administrasi

26 Januari 2017

11

Penjelasan tahapan seleksi oleh Pansel kepada peserta

27 Januari 2017

12

Seleksi Kompetensi

30 – 31 Januari 2017

13

Penetapan hasil seleksi kompetensi

1 Februari 2017

14

Pengumuman hasil seleksi kompetensi

1 Februari 2017

15

Pendalaman penulisan renstra dan uji sebstantif Calon JPTP

2 – 4 Februari 2017

16

Wawancara akhir

6 - 8 Februari 2017

17

Penetapan hasil seleksi terbuka (3 calon)

9 Februari 2017

18

Pengumuman hasil seleksi terbuka (3 calon)

9 Februari 2017

19

Penyampaian 3 calon hasil seleksi terbuka kepada PPK

10 Februari 2017

Catatan : Jadwal Kegiatan Sewaktu-waktu dapat berubah dan akan diumumkan melalui pemberitahuan lebih lanjut.

F. Ketentuan lain

  1. Pelamar seleksi JPTP/Sekretaris Daerah tidak diperkenankan melamar pada JPTP lainnya dan pelamar seleksi JPTP/eselon II.b diperkenankan melamar paling banyak 2 (dua) jabatan berbeda.
  2. Berkas administrasi yang akan diproses adalah berkas yang sudah lengkap sesuai dengan ketentuan yang dipersyaratkan;
  3. Bagi Pelamar yang tidak memenuhi syarat seleksi administrasi, berkas lamaran tidak dikembalikan menjadi arsip panitia seleksi;
  4. Surat lamaran beserta dokumen persyaratan administrasi disusun rapi dan diurutkan sesuai dengan persyaratan yang telah ditentukan, disampaikan secara langsung dalam 1 (satu) amplop tertutup berwarna coklat dan ditujukan kepada Ketua Panitia Seleksi pada hari dan jam kerja bertempat di Kantor Badan Kepegawaian dan Pengembangan SDM Kabupaten Pesawaran;
  5. Keputusan Panitia Seleksi bersifat mutlak tidak dapat diganggu gugat;
  6. Dalam seleksi ini peserta tidak dikenakan biaya atau pengutan dalam bentuk apapun;
  7. Apabila dikemudian hari diketahui pelamar memberikan data/keterangan tidak benar maka Panitia Seleksi berhak membatalkan hasil seleksi;
  8. Setiap tahapan seleksi akan diumumkan melalui papan pengumuman Badan Kepegawaian dan Pengembangan SDM Kabupaten Pesawaran atau website www.Pesawarankab.go.id.

 

Lampiran Persyaratan JPTP 

 

Gedong Tataan,  5 Januari 2017

Ketua Panita Seleksi Pengisian Jabatan

Pimpinan Tinggi Pratama Secara Terbuka

Kabupaten Pesawaran

 

 

 

RIFKI WIRAWAN, S.E.

 

Informasi Terkait
Kumpulan Informasi Terkait Dengan Informasi Diatas
Komentar Pengunjung
Tentang Informasi Seleksi Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama Secara Terbuka Dan Kompetitif Di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Pesawaran Tahun 2017

Pimpinan Daerah

Cari Informasi

Google

Government Public Relations

Layanan Masyarakat

 

Telepon Penting

Nama Instansi Telepon
Polda Lampung 486841
Polsek Gd. Tataan 0721-94309
BNPB Pesawaran 721194764
Puskesmas Gd. Tataan 0721-94015
Bandara Raden Intan 91114
RS. Abdoel Moeloek 702455, 7033