2016-11-30 dibaca : 637 Kali

Irigasi Meluap Akibatkan Puluhan Ha Sawah Terendam Banjir

bagikan informasi ini :

  

Hujan yang terus mengguyur wilayah Kabupaten Pesawaran dan sekitarnya dalam sepekan ini, menyebabkan irigasi meluap dan menggenangi puluhan hektar persawahan milik warga di Desa Kalirejo, Kecamatan Negeri Katon, Rabu (30/11).

Berdasarkan pantauan Tim Kominfo Pesawaran. Terlihat sejumlah warga bersama perangkat desa bergotong royong melaksanakan perbaikan tanggul, Hal itu dilakukan, kendati perbaikan secara manual agar tanggul tidak jebol dan menyebabkan banjir susulan. Selain merendam areal persawahan padi, banjir juga menggenangi beberapa pemukiman warga.

Nilawati, warga Desa Kalirejo, Kecamatan Negeri Katon mengatakan banjir yang terjadi pukul 16.30 WIB ini, diakibatkan dari dangkalnya irigasi yang berada di daerahnya. Dia pun berharap kepada petugas irigasi segera mengambil langkah dengan melakukan pengerukan terhadap irigasi tersebut.

“Ditambahkannya, apabila irigasi tidak dikeruk, jika terjadi hujan deras dengan intensitas tinggi maka air akan meluap kembali dan menggenangi areal persawahan milik warga. Bukan hanya itu, rumah warga pun terancam ikut terendam,”tuturnya

"Ini banjir pertama kali yang terjadi di tahun 2016,"tambahnya

Menurutnya, sekitar wilayah Kalirejo saat ini petani tengah menanam padi rata-rata padi berusia 3 minggu - 1 bulan.

Laporan : Nilawati

Editor : Aditiya Wardanu

 

Informasi Terkait
Kumpulan Informasi Terkait Dengan Informasi Diatas

Pimpinan Daerah

Government Public Relations