2016-08-19 dibaca : 964 Kali

Peran PKK Dalam Kemenangan Desa Hanura Di Tingkat Nasional

bagikan informasi ini :

Usai dilantik sebagai  Ketua TP. PKK Kabupaten Pesawaran pada tanggal 17 Februari 2016 lalu, Ny. Nanda Indira Dendi, S.Kom., bersama Wakil Ketua TP. PKK Pesawaran, Ny. Frisiska Devi Okpita Eriawan, SH., berpacu cepat menyusun kelembagaan Anggota Tim Penggerak PKK di Tingkat Kabupaten.

Belum lama keanggotaan  PKK Kabupaten Pesawaran  dikukuhkan oleh Ketua Dewan Pembina Kabupaten oleh Bupati Pesawaran H. Dendi Ramadhona, ST., pada tanggal 18 Maret 2016, bersama unsur pemerintah baik tingkat kabupaten, kecamatan dan desa, tim penggerak PKK Pesawaran secara marathon melakukan persiapan dan pembinaan terhadap Desa Hanura, Kecamatan Teluk Pandan untuk mengikuti lomba desa tingkat provinsi.

Perjuangan dan kerja keras TP. PKK Pesawaran bersama Pemerintah Kabupaten, dan Kecamatan, dan Desa serta  masyarakat Desa Hanura berbuah manis, setelah keluar sebagai juara pada lomba desa tingkat provinsi. Akhirnya, Kabupaten Pesawaran didaulat mewakili Lampung maju ke tingkat nasional untuk mengikuti lomba desa. Menangnya Hanura menjadi juara I Tingkat Nasional bukan suatu kebetulan, melainkan berkat kerja keras, kerja cerdas, dan soliditas semua unsur termasuk TP. PKK Pesawaran, bersama Pemerintah Provinsi, Kabupaten, Desa dan semua pihak yang terlibat.

Hal tersebut terungkap saat Ketua TP. PKK Kabupaten Pesawaran Ny. Nanda Indira Dendi, S.Kom., dan Wakil Ketua TP. PKK Pesawaran, Ny. Frisiska Devi Okpita Eriawan, SH., menjadi nara sumber dalam program Halo Lampung, yang disiarkan secara langsung di studio Radar TV Lampung. Jumat (19/08) sore tadi.

"Kami mengadakan pembinaan dengan mengumpulkan Kader PKK Desa PKK Dusun RT dan Kelompok Dasa Wisma guna memberikan Pembinaan/Informasi serta teknis pengisian blangko terkait Administrasi PKK. Karena harapan saya semua data bersumber dari bawah yaitu kelompok Dasa Wisma dan Program Kerja PKK di setiap Kelompok Kerja yaitu POKJA I sampai dengan POKJA IV PKK dan pelaksanaan 10 Program Pokok PKK Ke Masyarakat. Dengan adanya kebersamaan dan kesolidan Tim Penggerak PKK baik di tingkat Desa Kecamatan Kabupaten dari Provinsi yaitu saling Koordinasi Kerjasama dalam melaksanakan pembinaan,"ungkap Nanda

Ditanya, keunggulan Desa Hanura yang ada dari segi PKK sehingga dapat mendapat juara Tingkat Nasional? Diakuinya, tertib administrasi sudah dilaksanakan dengan baik dan sudah dilaksanakan sesuai dengan kegiatan PKK dan Pelaksanaan 10 Program pokok PKK. Misalnya, Kelompok Kerja (POKJA) I adanya kelompok KADARKUM dan Pola Asuh Anak. Adanya kelompok P2TP2A, tidak adanya angka kekerasan dalam Rumah Tangga.

"Alhamdulillah untuk pengelola BKB Kab. Pesawaran mendapat Juara I Tingkat Provinsi. Adanya berbagai macam Kelompok Ekonomi Produktif di Rumah Tangga didesa atau UP2K PKK,"ucapnya

Disinggung adakah keinginan dari TP. PKK menularkan keunggulan dari Desa Hanura agar dapat diterapkan di 143 Desa-desa lainnya di Kabupaten Pesawaran? Menurutnya, diharapkan semua desa di Pesawaran dapat menjadi desa yang cepat berkembang, maju, sehat dan mandiri. Dimana, langkah kongkrit PKK dalam mewujudkan desa maju dan mandiri diantaranya melaksanakan program kerja TP. PKK dengan harapan di dukung oleh pemerintahan daerah melalui dinas instansi terkait dapat bersama-sama melaksanakan pembinaan pemberdayaan masyarakat langsung ke desa-desa yang ada di Kabupaten Pesawaran.

"Tentu itu harapan kita, agar semua desa yang ada di kabupaten Pesawaran menjadi desa yang cepat berkembang maju sehat dan mandiri. Untuk itu kami menghimbau ke seluruh kepala desa agar Dana Desa disisihkan untuk digunakan Pemberdayaan Masyarakat di Desa terutama Kegiatan Pemberdayaan Perempuan dalam hal ini kegiatan 10 Program Pokok PKK dalam mewujudkan gerakan PKK yang berkualitas dan profesional,"jelasnya

Ditambahkan, Wakil Ketua TP. PKK Pesawaran, Ny. Frisiska Devi Okpita Eriawan,SH., untuk menyukseskan 10 program pokok PKK, dirinya akan siap memberikan dukungan agar TP. PKK Pesawaran semakin maju, berdaya saing dan solid.

" Tentunya saya akan memberikan dukungan dan mensuport, saya bersama ibu Nanda akan menjadikan PKK Pesawaran menjadi tim kerja yang solid dan baik. Meskipun baru lima bulan, namun partisipasi anggota tim penggerak PKK beserta masyarakat Hanura sangat kompak. Sehingga mampu menghantarkan Hanura menjadi juara di Tingkat Nasional,"pungkasnya.       (Rozi)

Informasi Terkait
Kumpulan Informasi Terkait Dengan Informasi Diatas

Pimpinan Daerah

Government Public Relations