2016-05-31 dibaca : 3186 Kali

Siskeudes Wujudkan Pengelolaan Keuangan Desa yang Transparan, Akuntabel dan Partisipatif

bagikan informasi ini :

Upaya pemantapan penyelenggaraan pemerintahan desa perlu terus dilakukan secara berkelanjutan. Maka Pemerintah Daerah Kabupaten Pesawaran telah mengambil langkah-langkah sebagai upaya Penguatan Desa dan Sumber Daya di Desa melalui Peningkatan Kapasitas Sumber Daya Manusia Aparat Desa, Penguatan Administrasi Keuangan Desa untuk menghadapi Dana desa khususnya yang bersumber dari APBN baik melalui Bimbingan Teknis, Pendidikan dan Pelatihan maupun Sosialisasi. Selasa, (31/5) bertempat di Aula Pemda Kabupaten Pesawaran, dilaksanakan acara Sosialisasi Aplikasi Sistem Keuangan Desa (SISKEUDES) bagi Aparatur Pemerintah Desa se-Kabupaten Pesawaran.

Hadir dalam kesempatan Bupati Pesawaran H. Dendi Ramadhona, ST., Sekretaris Daerah Kabupaten Pesawaran, Para Pejabat Jajaran Eselon II dan III di lingkungan Pemkab Pesawaran, Fasilitator Perpajakan dari Kantor Unit Pelayanan Pajak Pratama,  beserta Auditor yang bertindak sebagai narasumber Pelatihan SISKEUDES  BPKP perwakilan Provinsi Lampung dan BPMPD Kabupaten Pesawaran, Para Peserta Pelatihan SISKEUDES yakni Aparatur Pemerintah Desa terpilih mewakli desa masing-masing se-Kabupaten Pesawaran.

Bupati Pesawaran dalam sambutannya menyampaikan tujuan utama adanya Aplikasi Siskeudes adalah agar aparat Pemerintah Negeri/Desa mendapatkan kemudahan saat melakukan proses pengelolaan keuangan, serta dapat dipertanggungjawabkan akuntabilitasnya. Serta diharapkan dapat mewujudkan pengelolaan Keuangan Desa yang transparan, akuntabel dan partisipatif. “jelas Dendi

Bahwa nantinya, para Aparatur Pemerintah Desa dapat meningkatkan kapasitas keilmuan sebagai unsur Pelaksana Teknis Pengelolaan Keuangan Desa (PTPKD) yang membantu Kepala Desa sebagai pemegang kekuasaan pengelolaan keuangan desa.

Bupati Dendi juga menambahkan, bahwa aplikasi SISKEUDES ini diberlakukan untuk seluruh desa dengan penerapan secara bertahap mulai tahun 2016, “salah satu bentuk kerjasama telah terbangunnya sistem pengelolaan keuangan desa berbasis aplikasi yang disebut SISKEUDES, Aplikasi tersebut diberikan kepada seluruh Desa secara cuma-cuma atau tanpa dipungut biaya,”terang Dendi

Dalam pelatihan, disampaikan gambaran umum mengenai Aplikasi Siskeudes, serta penjelasan mengenai berbagai menu yang ada dalam aplikasi. Selain itu, peserta workshop juga melakukan simulasi pengisian aplikasi, dimulai dari perencanaan, penganggaran, penatausahaan, hingga pembukuan.

Pada kesempatan tersebut, dilakukan pula penandatanganan kesepakatan tindak lanjut pelaksanaan aplikasi siskeudes, sebagai bentuk komitmen Pemerintah Daerah dalam mendukung secara nyata tata kelola pemerintahan desa secara baik dan akuntabel melalui aplikasi SISKEUDES.

Informasi Terkait
Kumpulan Informasi Terkait Dengan Informasi Diatas

Pimpinan Daerah

Government Public Relations