2016-04-19 dibaca : 2137 Kali

Disparekraf Pesawaran Selenggarakan Bimtek Peningkatan Kapasitas Penyelamat Wisata Pantai

bagikan informasi ini :

Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kabupaten Pesawaran menyelenggarakan Bimbingan Teknis (Bimtek). Bimtek tersebut yakni Peningkatan Kapasitas Penyelamat Wisata Pantai yang dilaksanakan di Hotel Bukit Randu pada tanggal 19-21 April 2016 lalu.

Acara dibuka oleh Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kab. Pesawaran Drs. Jaka Sungkawa selaku tuan rumah pelaksana kegiatan serta sambutan dari Disparekraf Provinsi Lampung dan Kepala Bidang Pengembangan Destinasi dan Industri Pariwisata.
 
Kegiatan ini menghadirkan nara sumber yang kompeten di bidangnya dari Asdep Pengembangan Destinasi Wisata Alam dan Buatan Deputi Bidang Pengembangan Destinasi dan Industri Pariwisata.
 
Menurut pemateri  selaku Kabid Pengembangan Destinasi dan Industri Pariwisata, Danang mengatakan  pelatihan ini merupakan pelatihan kali pertamanya di Provinsi Lampung dan para peserta sangat antusias mengikutinya dan baru menyadari akan pentingnya penyelamat pantai khususnya di pesisir pantai Pesawaran. "kata danang.
 
Lanjut Danang, diharapkan nantinya kegiatan ini dapat menjalin silaturahmi dan komunikasi antar sesama pelaku wisata pantai. "ujar Danang selaku Kabid Pengembangan Destinasi dan Industri Pariwisata.
 
Tak hanya berdiskusi, kemudian acara dilanjutkan dengan  pembentukan organisasi penyelamatan pantai Pesawaran.
Peserta yang terdiri atas pelaku usaha pantai, perwakilan Pokdarwis (Kelompok Sadar Wisata Desa) dan dari perwakilan Disparekraf Kab. Pesawaran
 
Bimtek yang berlangsung selama 3 hari ini disambut baik oleh para peserta dengan total peserta 38 orang. 
Di samping mendapatkan materi yang disampaikan oleh Kiki dari Bali dan Wahyu dari Kepulauan Seribu tentang prosedur penyelamatan, teknis penyelamat pantai beserta pengenalan alat bantu ksehatan, peserta juga diajak praktek langsung di kolam renang Hotel Bukit Randu sekaligus pengenalan alat dan prosedur keselamatan.. 
 
Keesokan harinya peserta praktek lapang di Pantai Mutun, simulasi penyelamatan dan pembagian piagam langsung oleh Kadis Parekraf Pesawaran sekaligus penutupan kegiatan secara menyeluruh. 
 

Informasi Terkait
Kumpulan Informasi Terkait Dengan Informasi Diatas

Pimpinan Daerah

Government Public Relations