Image
2017-09-13 Dilihat : 173 Kali

Potensi Kecamatan Negeri Katon

SEKILAS KECAMATAN NEGERI KATON

Pesawaran merupakan kabupaten kesebelas yang ada di Provinsi Lampung terbentuk pada tahun 2007 berdasarkan Undang-undang No. 33 tahun 2007. Kabupaten Pesawaran beribukota di Gedong Tataan, memiliki jarak 27 km dari Bandar Lampung. Pada tahun 2014 Pesawaran memiliki 11 kecamatan dan 144 desa.

Kecamatan Negeri Katon merupakan bagian dari wilayah Kabupaten Pesawaran yang terletak disebelah Utara Kabupaten Pesawaran. Kecamatan Negeri Katon memiliki luas wilayah pemerintahan seluas 142,12 Km² yang beribukota di desa Negeri Katon dengan batas-batas wilayah sebagai berikut :

  • Sebelah Utara berbatasan dengan Kecamatan Tegineneng Kabupaten Pesawaran
  • Sebelah Selatan berbatasan dengan Kecamatan Gedong Tataan Kabupaten Pesawaran
  • Sebelah Barat berbatasan dengan Kecamatan Sukoharjo Kabupaten Tanggamus
  • Sebelah Timur berbatasan dengan Kecamatan Natar Lampung Selatan.

Kecamatan Negeri Katon dengan luas wilayah 142,12 Km² terbagi menjadi 19 desa yaitu :

  1. Desa Purworejo
  2. Desa Kagungan Ratu
  3. Desa Pujo Rahayu
  4. Desa Kalirejo
  5. Desa Tanjung Rejo
  6. Desa Negeri Katon
  7. Desa Negarasaka
  8. Desa Pejambon
  9. Desa Halangan Ratu
  10. Desa Trisno Maju
  11. Desa Lumbir Rejo
  12. Desa Rowo Rejo
  13. Desa Sidomulyo
  14. Desa Poncokresno
  15. Desa Tri Rahayu
  16. Desa Negeri Ulangan Jaya
  17. Desa Sinar Bandung
  18. Desa Bangun Sari
  19. Desa Karang Rejo

POTENSI KECAMATAN NEGERI KATON

Kecamatan Negeri Katon memiliki banyak Potensi yang dapat dikembangkan dalam rangka penunjang lajunya sector pembangunan menuju desa yang mandiri. Potensi-potensi yang terdapat di kecamatan Negeri Katon Antara lain :

POTENSI PERTANIAN

Komoditi pertanian yang sering di jumpai di Kecamatan Negeri Katon adalah Komoditi Padi, Ubi kayu, dan Jagung. Komoditi dengan nilai produktivitas tertinggi adalah ubi kayu. Produktivitas ubi kayu sebesar 106,35 kuintal per Ha, sedangkan produktivitas padi sebesar 53,05 per hektar.

Ditinjau dari segi produksinya, padi merupakan komoditas unggulan di Kecamatan Negeri Katon. Produksi padi di Kecamatan Negeri Katon mencapai 8.351 ton dengan luas panen 2.007 hektar. 

Komoditi unggulan kedua yaitu ubi kayu, produksi ubi kayu sebesar  2.536 ton dengan luas lahan panen seluas 253%. Komoditas lainnya yang terdapat di Kecamatan Negeri Katon adalah jagung dengan kapasitas produksi mencapai 474 ton dengan luas lahan panen seluas 191 Hektare. Sedangkan untuk komoditas lainnya seperti kacang tanah, kedelai ubi jalar merupakan komoditi yang kurang di minati untuk diproduksi di Kecamatan Negeri Katon. 

Siapa yang tidak mengenal tapis? Tapis merupakan seni sulam benang emas pada kain berserat dan saat ini bukan merupakan hal yang asing layaknya lima puluh tahun silam. Kini kain tapis bukan hanya sekedar sehelai kain yang digunakan pada acara adat atau pertemuan sacral dalam kehidupan masyarakat Lampung.

Lebih dari itu, kain Tapis kini bermetamorphosa dalam karya busana yang menawan, dipakai dalam setiap kesempatan, dikenakan oleh beragam kalangan, mulai dari pelajar, pekerja kantoran, peragawati hingga jawara kontes kecantikan dan ketampanan dalam skala nasional dan internasional. Bahkan tapis telah terimplementasi dalam t-shirt santai yang dapat dikenakan dalam aktivitas sehari-hari.

Demikianlah pergerakan wujud dan fungsi dari kain Tapis. Sebuah kain dengan nilai budaya dan kandungan filosophi dari setiap ragam corak dan warna menjadi sebuah kekayaan yang merebak di beragam kalangan. Tak hanya menjadi identitas masyarakat Lampung saja, tetapi telah digemari oleh beragam kalangan dinusantara bahkan mancanegara.

Link Download Potensi Desa Di Kecamatan Negeri Katon : 

1. Desa Tresno Maju (klik)

2. Desa Purworejo (klik)

3. Desa Tanjung Rejo (klik)

4. Desa Lumbirejo (klik)

5. Desa Poncokresno (klik)

6. Desa Pujo Rahayu (klik)

7. Desa Pejambon (klik)

8. Desa Sidomulyo (klik)

9. Desa Negarasaka (klik)

10. Desa Kalirejo (klik)

11. Desa Halangan Ratu (klik)

 

Pimpinan Daerah

Cari Informasi

Google

Government Public Relations

Layanan Masyarakat