Image
2017-09-13 Dilihat : 89 Kali

Potensi Kecamatan Teluk Pandan

Sejarah Singkat Kecamatan

Berdasarkan peraturan Daerah Kabupaten Pesawaran Nomor: 12 Tahun 2014 Tentang Pemekaran Kecamatan Padang Cermin, dimana Kecamatan Teluk Pandan merupakan salah satu dan bagian Kecamatan yang di mekarkan dari Kecamatan induk yaitu Kecamatan Padang Cermin terbagi 3 Kecamatan yaitu:

  1. Kecamatan Padang Cermin Induk
  2. Kecamatan Way Ratai
  3. Kecamatan Teluk Pandan

Tujuan dari pelaksanaan pemekaran Kecamatan yaitu disesuaikan dengan kebutuhan kondisi wilayah yang sejalan dengan upaya memperdekat rentang kendali secara organisasi pemerintahan dan juga dalam upaya memberikan pelayan terbaik dalam masyarakat dengan mengacu pada SPP (Standar Pelayanan Public) yang memuat antara lain : syarat lama, waktu proses, serta pembiyayaan yang ditampilkan dalam bentuk papan informasi untuk diketahui secara umum dengan mengedepankan aspek transparasi, objektifitas, standar serta profesionalisme.

Adapun efektifitas opersional Kecamatan Teluk Pandan Kabupaten Pesawaran diresmikan pada tanggal 8 November 2014 yang terdiri 10 desa yaitu : Desa Batu Menyan, Desa Cilimus, Desa Gebang, Desa Hanura, Desa Hurun, Desa Munca, Desa Sidodadi, Desa Sukajaya Lempasing, Desa Talang Mulya, Desa Tanjung Agung. 

Luas Wilayah Kecamatan Teluk Pandan:

Luas wilayah seluas 18.153 Ha dan berada pada ketinggian 6-1.400 m ketinggian diatas permukaan laut

Batas-batas Kecamatan Teluk Pandan:

  • Sebelah utara : Berbatasan dengan Kecamatan Teluk Betung Utara Kota

  Bandar Lampung

  • Sebelah timur : Sebelah timur berbatasan dengan Kecamatan Teluk Betung

  Barat Kota- Bandar Lampung

  • Sebelah selatan : Berbatasan dengan Kecamatan Padang Cermin
  • Sebelah barat : Berbatasan dengan Kecamatan Hutan Kawasan

Jumlah Penduduk dan KK Kecamatan Teluk Pandan:

Jumlah Penduduk dan KK Kecamatan Teluk Pandan adalah sebanyak 39.611 orang, terdiri dari 19.770 orang penduduk laki-laki dan 19.841 orang penduduk perempuan, dan terdiri dari 10.349 KK/rumah tangga.

Potensi Pertanian

Padi menjadi komoditi tanaman pangan unggulan di Teluk Pandan. Pada tahun 2015, produksi padi mencapai 2.660 ton dengan luas panen 367 hektar. Produksi tersebut berkurang dari tahun sebelumnya yang mencapai 13.611 ton karena data sebelumnya masih bergabung dengan Kecamatan Padang Cermin dan Kecamatan Way Ratai. Komoditi dengan produksi terbesar kedua adalah jagung dengan jumlah produksi pada tahun 2015 sebanyak 166 ton.

Komoditi tanaman pangan lainnya yang berada di Kecamatan Teluk Pandan adalah kedelai dan ubi kayu. Pada tahun 2015 produksi kedelai sebesar 109 ton dengan luas panen 84 hektar. Kemudian produksi ubi kayu sebesar 78 ton dengan luas panen 10 hektar.

Dari segi produktivitas, komoditi dengan nilai produktivitas terbesar pertama adalah ubi kayu yaitu 78 kuintar per hektar. Produktivitas terbesar kedua dan ketiga yaitu jagung dan padi, dimana masing-masing produktivitasnya adalah 75,45 kuintal per hektar dan 72,48 kuintal per hektar. 

Fasilitas Kesehatan

Keberadaan fasilitas kesehatan di Kecamatan Teluk Pandan cukup memadai. Pada tahun 2015, terdapat 1 puskesmas yang terletak di Desa Hanura. Sebanyak 2 pustu juga terdapat di Teluk Pandan, yakni di Desa Gebang dan Desa Tanjung Agung. Selain itu juga terdapat 3 tempat praktek dokter. Fasilitas kesehatan yang lain yaitu 11 tempat praktek bidan, 39 posyandu, 1 apotek, dan 1 took khusus obat/jamu.

Potensi Industri

Kecamatan Teluk Pandan memiliki industri kerajinan rakyat yaitu berupa kerajinan kayu. Selain industri kerajinan rakyat, Kecamatan Teluk Pandan juga memiliki beberapa industri kecil, diantaranya penggilingan dan tobong bata. Dari kedua industri kecil tersebut, penggilingan merupakan industri kecil terbanyak di Teluk Pandan. Penggilingan terdapat sebanyak 5 unit usaha dan tobong bata sebanyak 2 unit usaha. Penggilingan banyak terdapat di Desa Gebang yaitu sebanyak 2 unit usaha.

Potensi Pariwisata

Keadaan geografis dan bentuk kontur Kecamatan Teluk Pandan adalah pegunungan dan pulau keadaan ini menyebabkan di Kecamatan Teluk Pandan Banyak dialiri sungai dan berpotensi untuk dijadikan objek wisata. Di Kecamatan Teluk Pandan banyak terdapat pulau, air terjun dan pulau-pulau kecil yang berpotensi dijadikan objek pariwisata. Berikut beberapa potensi pariwisata yang terdapat di Kecamatan Teluk Pandan.

Link Download Potensi Desa Di Kecamatan Teluk Pandan : 

1. Desa Hurun (klik)

2. Desa Tanjung Agung (klik)

3. Desa Sukajaya Lempasing (klik)

4. Desa Cilimus (klik)

5. Desa Talang Mulya (klik)

6. Desa Sidodadi (klik)

7. Desa Muncak (klik)

8. Desa Batu Menyan (klik)

9. Desa Hanura (klik)

10. Desa Gebang (klik)

 

 

Pimpinan Daerah

Cari Informasi

Google

Government Public Relations

Layanan Masyarakat