Image
2017-09-12 Dilihat : 300 Kali

Potensi Kecamatan Marga Punduh

Marga Punduh adalah sebuah kecamatan di Kabupaten Pesawaran, Lampung, Indonesia. Merupakan pemekaran dari Kecamatan Punduh Pidada. Kecamatan ini tadinya merupakan kecamatan dari Kabupaten Lampung Selatan. Kecamatan ini diresmikan sebagai Kecamatan definitif di wilayah Kabupaten Pesawaran pada tanggal 5 Desember 2012, yang di resmikan secara simbolis oleh bapak Bupati Pesawaran Aris Sandi DP. Terbentuknya Kecamatan Marga Punduh ini di dasarkan oleh Peraturan Daerah (PERDA) Kabupaten Pesawaran No 5 Tahun 2012. 

Marga Punduh terletak di wilayah Selatan Kabupaten Pesawaran memiliki jarak rata-rata 81,10 Km dari ibukota Kabupaten Pesawaran.

Batas wilayah pemrintahan Kecamatan marga Punduh :

- sebelah Selatan berbatasan dengan Selat Sunda

- Sebelah Utara berbatasan dengan Kecamatan Padang Cermin Kabupaten Pesawaran

- Sebelah Timur berbatasan dengan teluk Lampung

- Sebelah Barat berbatasan dengan Kecamatan Cukuh Balak Kabupaten Tenggamus

Kecamatan Marga Punduh beribukota di Desa Maja yang berjarak 75,00 Km dari ibukota Kabupaten Pesawaran. Desa Maja memiliki luas wilayah sebesar 15,17 Km2.

Kecamatan Marga Punduh terbagi menjadi sepuluh desa yang terdiri dari; Kampung Baru, Kekatang, Pekon Ampai, Kunyaian,Umbul Limus, Tajur, Penyandingan, Maja, Sukajaya Punduh dan Pulau Pahawang. Jumlah Dusun dan RT di Kecamatan Marga Punduh sebanyak 48 dusun dan 145 RT.

Kecamatan Marga Punduh Kaya Akan Potensi baik itu potensi Pertanian,Peternakan, Perikanan dan Pariwisata. Potensi ini dapat dikembangkan sebagai sarana penunjang Proses Pembangunan Desa. 

Berikut ini beberapa Potensi yang terdapat di Kecamatan Marga Punduh Kabupaten Pesawaran. 

 

Industri Pengolahan

Kecamatan Marga Punduh memiliki beberapa industri kerajinan rakyat, yakni industri kerajinan kayu, anyaman dan industri pengolahan makanan kecil. Industri pengolahan kayu, industri anyaman dan industri pengolahan makanan kecil merupakan merupakan industri rakyat terbanyak di kecamatan Marga Punduh.

Pada tahun 2013, terdapat 36 unit indusrtri pengolahan kayu, kemudian meningkat menjadi 34,62%  menjadi 35 industri pengolahan kayu yang tersebardi wilayah kecamatan Marga Punduh dan jumlah industri ini menurun pada tahun 2015 menjadi 28 unit industri Pengolahan Kayu.

Pada tahun 2014 terdapat 36 unit industri anyaman, kemudian menurun di tahun 2015 sebesar 40% menjadi 25 unit usaha. Industri anyaman tersebar di semua desa Marga Punduh, kecuali di desa Kekatang, desa Kampung Baru dengan 7 unit usaha industri anyaman terbanyak di kecamatan Marga Punduh.

Sedangkan industri makanan, pada tahun 2013 sebanyak 31 unit usaha, kemudian bertambah menjadi 47 unit usaha ditahun 2014 menurun kembali menjadi 43 unit usaha. Industri makanan hampir tersebar di semua desa Kecamatan Marga Punduh.

Selain industri kerajinan rakyat, kecamatan Marga Punduh juga memiliki beberapa industri kecil, diantaranya industri penggilingan, tobong bata, industri tahu, industri tempe, dan industri tobong genteng.

PERTANIAN  

Kecamatan Marga Punduh merupakan salah satu lumbung pangan di kabupaten Pesawaran dengan hasil pertanian dan perkebunan yang cukup melimpah. Komuditas unggulan pertanian Kecamatan Marga Punduh terdiri dari kakao, cengkeh, Pala, dan Palawija. Desa Maja memiliki luas lahan pertanian seluas kurang lebih 97 Ha.

Komuditas Palawija yang dikembangkan di kecamatan ini seperti tanaman cabe, jagung dan sayur-sayuran. Kecamatan Marga Punduh merupakan kecamatan sentra penghasil pisang tepatnya di desa Maja. 

Kecamatan Marga Punduh memiliki areal Persawahan kurang lebih seluas 37 Ha, Pengelolaaan persawahan di Kecamatan  ini belum sepenuhnya menggunakan teknologi irigasi teknis, persawahan didesa ini memamfaatka aliran sungai yang ada karena di desa ini untuk irigasi persawahan belum ada. Selain itu didesa ini juga menanam padi dengan sistem sawah tadah hujan, sawah yang hanya mengandalkan turunnya air hujan. 

PARIWISATA

Keadaan geografis dan bentuk kontur Kecamatan Marga Punduh yang dikelilingi oleh Pantai dan pegunungan menyebabkan Kecamatan Marga Punduh memiliki beberapa potensi Pariwisata yang dapat dikembangkan seperti Pulau Pahawang dan air terjun mata intan.

Pulau Pahawang

Pulau Pahawang terbagi menjadi dua, yakni Pulau Pahawang Besar dan Pulau Pahawang Kecil. Keduanya pun memiliki kondisi yang jauh berbeda. Pulau Pahawang Besar merupakan pulau yang telah berpenghuni. Sementara itu di Pulau Pahawang Kecil, para traveler akan bisa berpuas diri menjelajahi keindahannya. Terlebih Pulau Pahawang Kecil merupakan sebuah pulau yang tidak berpenghuni. Kalaupun ada, itupun cottage milik warga asing. 

Link Download Potensi Desa Di Kecamatan Marga Punduh : 

1. Desa Umbul Limus (klik)

2. Desa Sukajaya Punduh (klik)

3. Desa Tajur (klik)

4. Desa Pekon Ampai (klik)

5. Desa Penyandingan (klik)

6. Desa maja (klik)

7. Desa Kunyaian (klik)

Pimpinan Daerah

Cari Informasi

Google

Government Public Relations

Layanan Masyarakat