Image
2017-09-12 Dilihat : 181 Kali

Potensi Kecamatan Gedong Tataan

Kecamatan Gedong Tataan

Kabupaten Pesawaran

Sekilas Kecamatan Gedong Tataan

Pesawaran merupakan Kabupaten ke sebelas yang ada di Provinsi Lampung yang terbentuk pada tahun 2007 berdasarkan undang-undang  No 33 Tahun 2007. Kecamatan Gedong Tataan merupakan ibukota dari Kabupaten Pesawaran.

Letak Kecamatan Gedong Tataan menurut batas Wilayah adalah sebagai berikut :

  • Sebelah Utara berbatasan dengan Kecamatan Negeri Katon Kabupaten Pesawaran
  • Sebelah Selatan berbatasan dengan Kecamatan Way Ratai dan Kecamatan Kedondong Kabupaten Pesawaran.
  • Sebelah Barat berbatasan dengan Kecamatan Way Lima Kabupaten Pesawaran dan Kecamatan Gading Rejo Kabupaten Pringsewu.
  • Sebelah Timur berbatasan dengan Kecamatan Kemiling Kota Bandar Lampung.

Sebagian besar wilayah Gedong Tataan merupakan daerah dataran dengan luas 165,2 Km². Kecamatan Gedong Tataan beribukota di desa Sukaraja. Kecamatan Gedong Tataan Terbagi menjadi 19 Kelurahaan yaitu :

  1. Desa Padang Ratu
  2. Desa Cipadang
  3. Desa Pampangan
  4. Desa Way Layap
  5. Desa Sukadadi
  6. Desa Bogor Rejo
  7. Desa Sukaraja
  8. Desa Gedong Tataan
  9. Desa Kutoarjo
  10. Desa Karang Anyar
  11. Desa Bagelen
  12. Desa Kebagusan
  13. Desa Wiyono
  14. Desa Taman sari
  15. Desa Bernung
  16. Desa Sungai Langka
  17. Desa Negeri Sakti
  18. Desa Kurungan Nyawa
  19. Desa Sukabanjar

Kecamatan Gedong Tataan memiliki ketinggian 400 sampai 1.125 M.dpl dengan suhu minimal 26ºC dan suhu teringgi 35ºC. Kecamatan Gedong Tataan  memiliki curah hujan 6 bulan hujan dengan jumlah hari hujan terbanyak  26 hari dan debit curah hujan 3.500 mm/Thn. Dengan keadaan Geografis daerah Dataran.

Potensi Kecamatan Gedong Tataan

Kecamatan Gedong Tataan yang terbagi menjadi 19 desa memiliki berbagai potensi yang dapat dikembangkan sebagai salah satu sector penunjang laju pembangunan. Seperti potensi pertanian, perkebunan, Perdagangan  dan Pariwisata.

POTENSI PERTANIAN

Kecamatan Gedong Tataan merupakan kecamatan agraris, hal ini dapat dilihat dari ketersedian lahan pertanian di kecamatan Gedong Tataan. Ketersedian lahan sawah di kecamatan Gedong Tataan seluas kurang lebih 2.489 Ha dan ketersediaan lahan pertanian non sawah seluas kurang lebih 14.615.

Padi menjadi komuditas tanaman pangan unggulan  di Kecamatan Gedong Tataan, Padi merupakan komuditas pertanian dengan Produktivitas terbesar dengan pencapaian hasil produksi mencapai 12.634 ton dengan luas panen 2.136 Ha produktivitas padi mencapai 54,55 kuintal per Ha.

Komuditas pertanian unggulan kedua di kecamatan Gedong Tataan adalah jagung dan ubi kayu produktivitas tanaman jagung di kecamatan Gedong Tataan mencapai 2.057 Ton dengan luas panen komuditi seluas kurang lebih 450 Ha. Pada tahun 2014 produksi jagung menurun 14,15 %  menjasi 1.766 Ton dengan luas lahan panen 235 Ha.

Sedangkan Produktivitas ubi kayu di kecamatan Gedong Tataan mencapai 613 Ton dengan luas lahan panen seluas kurang lebih 135 Ha.

PERKEBUNAN

Luas perkebunan yang terdapat di Kecamatan Gedong Tataan seluas kurang lebih 14.615 Ha dengan komuditas unggulan seperti tanaman Karet dan Kakao. Hasil perkebunan di desa ini dapat dikatakan melimpah dengan hasil 150 ton/tahun biji kakao kering.

Sedangkan untuk perkebunan karet sepenuhnya dikelola oleh PTPN 7 Lampung dengan system kemitraan dengan masyarakat setempat. 

PARIWISATA

Kecamatan Gedong Tataan memiliki beberapa destinasi atau objek wisata baik itu objek wisata alam maupun destinasi wisata edukatif atau wisata pendidikan diantaranya ; 

Museum Nasional Ketransmigrasian adalah salah satu museum nasional yang mendokumentasikan catatan sejarah tentang keberhasilan proses Transmigrasi di Indonesia

yang terletak di Provinsi Lampung

Museum ini merupakan museum Transmigrasi pertama dan satu-satunya yang ada di dunia,  Museun Nasional Ketransmigrasian tepatnya berada di desa Begelen, Kecamatan Gedong Tataan Kabupaten Pesawaran.

Museum Nasional Ketransmigrasian dibangun di atas tanah seluas 63 Ha,  dan terdapat 3 lantai bangunan. Pembangunan Museum Nasional Ketransmigrasian bertujuan untuk menyediakan wahana pembelajaran tentang sejarah ketransmigrasian di Indonesia untuk generasi muda.

Gunung Betung terletak di Kecamatan Gedung Tataan Kabupaten Pesawaran, Gunung ini merupakan bagian dari hutan register 19. Gunung Betung Pesawaran memiliki ketinggian 1240 Mdpl (Meter diatas permukaan Laut) . tidak terlalu tinggi, tetapi gunung ini memiliki daya tarik tersendiri bagi penggiat alam bebas, dan gunung ini sangat mudah Aksesnya.

Bagi para penikmat alam bebas khususnya yang suka akan pendakian Gunung ini dapat dijadikan alternative  pendakian. Selain jalur pendakiannya yang tidak terlalu sulit  pemandangan alamnya sangat memanjakan mata. 

Untuk menuju lokasi pendakian para pendaki bias melewati jalur resmi pendakian yaitu masuk dari desa Wiyono Kecamatan Gedong Tataan . selang waktu 30 menit para pendaki akan bertemu dengan posko pendakian dan penitipan kendaraan. Untuk masuk kedalam lokasi pendakian ini para pendaki dikenakan tiket masuk dan jasa penitipan kendaraan dan izin bermalam.

Di gunung ini para pendaki dapat menemukan pemandangan yang hijau dan masih asri. Selain itu para pendaki dapat mengujungi sebuah air terjun di Gunung ini. Dengan waktu tempuh 30 menit menuju air terjun gunung Betung dari pos pendaftaran pendakian.

Untuk para pendaki yang ingin bermalam di Gunung Betung Pesawaran  bias bermalam di camp 1 dan camp 2 yang telah disediakan. Untuk mencapai camp 1 memakan waktu tempuh kurang lebih 2-3 jam dengan jalur yang relative landau. Dan jarak antara camp 1 dan camp2 tidak terlalu jauh sekitar 30 menit. 

Link Download Potensi Desa Di Kecamatan Gedong Tataan : 

1. Desa Bagelen (klik)

2. Desa Bernung (klik)

3. Desa Wiyono (klik)

4. Desa Bogorejo (klik)

5. Desa Kebagusan (klik)

6. Desa Kurungan Nyawa (klik)

7. Desa Padang Ratu (klik)

8. Desa Sukaraja (klik)

9. Desa Sukadadi (klik)

10. Desa Sungai Langka (klik)

Pimpinan Daerah

Cari Informasi

Google

Government Public Relations

Layanan Masyarakat