Image
2017-01-25 Dilihat : 408 Kali

Kesehatan

Pembangunan berkelanjutan memerlukan masyarakat yang sehat jasmani dan rohani. Di kabupaten Pesawaran. Pos-pos pelayanan kesehatan sudah tersedia sampai tingkat desa.

Bahkan pemerintah menempatkan kesehatan masyarakat dalam skala prioritas pembangunan Pesawaran. Pembangunan kesehatan diarahkan pada peningkatan kualitas.

  1. Sumberdaya manusia
  2. Kehidupan dan usia harapan hidup manusia
  3. Kesejahteraan keluarga dan masyarakat
  4. Kesadaran masyarakat akan pentingnya hidup sehat

Peningkatan kualitas penduduk secara fisik dapat dilihat dari derajat kesehatan penduduk dan status kesehatan penduduk. Kesehatan merupakan faktor penting dalam peningkatan kualitas sumberdaya manusia dan dipercaya menjadi penyebab langsung maupun tak langsung keberhasilan bidang-bidang lain.

Adapun sumberdaya manusia khususnya Tenaga Kesehatan yang ada di Kabupaten Pesawaran meliputi Tenaga Kesehatan yang ada di Puskesmas Dokter Umum 31 orang, Dokter Gigi 3 orang, Bidan 162 orang, Perawat 144 orang, Kefarmasian 13 orang, Tenaga Gizi 7 orang, Tenaga Kesehatan Lingkungan 9 orang, Tenaga Kesehatan Masyarakat 28 orang, Ahli Teknologi Laboraturium Medik 2 orang, Pekarya 12 orang.

Sedangkan tenaga kesehatan yang ada di Rumah Sakit Dokter Spesialis Dasar dan Penunjang berjumlah 7 orang, Dokter Umum 7 orang, Dokter Gigi 3 orang, Bidan 39 orang, Perawat 41 orang, Kefarmasian 3 orang, Tenaga Gizi 1 orang, Tenaga Kesehatan Lingkungan 1 orang, Keteknisian Medis 2 orang, Tenaga Kesehatan Masyarakat 7 orang, Ahli Teknologi Laboraturium Medik 3 orang.

Program peningkatan pelayanan kesehatan dengan pendampingan kesehatan masyarakat, pengadaan peningkatan dan perbaikan sarana dan prasarana puskesmas dan puskesmas pembantu dan jaringannya sehingga mencapai sasaran meningkatnya derajat kesehatan masyarakat.

Dalam rangka meningkatkan cakupan pelayanan kesehatan kepada masyarakat berbagai upaya dilakukan dengan memanfaatkan potensi dan sumber daya yang ada dimasyarakat diantaranya adalah Posyandu (Pos Pelayanan Terpadu) Poskedes (Pos Kesehatan Desa), Posketren (Pos Kesehatan Pesantren), POD (Pos Obat Desa), pos upaya kesehatan Kerja Saka Bhakti Husada (SBH), Desa siaga dan sebagainya.

Pada tahun 2015 jumlah sarana dan prasaranan kesehatan di Kabupaten Pesawaran meliputi Puskesmas berjumlah 12 unit, Pustu 40 unit, posyandu 444 unit, Poskedes 137 unit, di Kabupaten Pesawaran sudah terdapat Puskesmas Rawat Inap diantaranya berlokasi di Padang Cermin, Gedong tataan, Negeri Katon, Tegineneng. 

Sumber : Selayang Pandang Kab. Pesawaran 2016

Pimpinan Daerah

Cari Informasi

Google

Government Public Relations

Layanan Masyarakat

 

Telepon Penting

Nama Instansi Telepon
Polda Lampung 486841
Polsek Gd. Tataan 0721-94309
BNPB Pesawaran 721194764
Puskesmas Gd. Tataan 0721-94015
Bandara Raden Intan 91114
RS. Abdoel Moeloek 702455, 7033