Image
2017-01-25 Dilihat : 1092 Kali

Pariwisata

Dalam rangka pengembangan pariwisata dengan potensi pariwisata yang dimiliki Kabupaten Pesawaran, diantaranya wisata pantai, wisata alam, wisata pulau, Pemerintah Kabupaten Pesawaran tetap menggandeng pihak swasta dan stakeholder lainnya.

Hal mendasar yang dilaksanakan oleh Pemerintah Kabupaten Pesawaran dalam mewujudkan Bumi Wisata 2015 yaitu dengan penyediaan infrastruktur dasar berupa pembangunan jalan sebagai akses dalam mengembangkan potensi pariwisata di Kabupaten Pesawaran, men-jamin rasa aman dan nyaman kepada wisatawan, serta memberdayakan masyarakat lokal untuk mengurangi angka kemiskinan dan pengangguran.

Pada tahun 2011 dan 2012, Pemerintah Kabupaten Pesawaran telah mendapatkan progrm PNPM Mandiri Pariwisata dari kementerian Pariwisata Dan Ekonomi Kreatif dalam rangka pengembangan Desa Wisata, yaitu Desa Sukajaya Lempasing Kecamatan Padang Cermin pengembvangan pariwisata dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten diantaranya Pemberdayaan Kelompok Usaha Sablon, Usaha Keripik, Usaha Terasi, pembelian dua buah kapalperahu untuk transportasi antar pulau, pembuatan gerai untuk penjualan makanan di tempat wisata, serta peningkatan saran dan prasarana budaya untuk pentas seni di Tempat Hiburaan Wisata.

Dalam rangka pengembangan pariwisata Kabupaten Pesawaran juga melakukan pembinaan terhadap musisi dan pencarian bakat dalam bidang musik dan telah membentuk Pesawaran band.

Prestasi bidang pariwisata yang diraih oleh Kabupaten Pesawaran diantaranta juara 1 Lomba Mekhanai Tingkat Provinsi Lampung Tahun 2011, Juara II Lomba Mulie Tingkat provinsi lampung Tahun 2011, Juara III Lomba Tari Kreasi Tingkat Provinsi Lampung Tahun 2011, Juara I Lomba Nyanyi lagu POP Daerah Lampung Kategori pria Tingkat Provinsi Lampung Tahun 2012, Juara Mulie Mekhanai kategori Persahabatan dalam Lomba Mulie Mekhanai Tingkat Provinsi Lampung Tahun 2012, Juara III pameran Pembangunan Lampung Fair Tahun 2012. Pemanfaatan dan pengembangan pariwisata di kabupaten Pesawaran beserta obyek-obyeknya dapat dilakukan sesuai dengan potensi yang ada, jenis-jenis wisata tersebut antara lain :

  1. Wisata Bahari, berupa pantai, laut dan pantai
  2. Wisata Tirta, berupa sungai dan air terjun
  3. Wisata Agro, berupa perkebunan kelapa sawit, kopi, karet, budidaya kerang mutiara dan ikan kerapu
  4. Wisata Gunung, berupa gunung dan pegunungan
  5. Wisata Alam, berupa flora dan fauna di Taman Hutan Rakyat (TAHURA)
  6. Wisata minat khusus, berupa snorkeling, diving dan mountain bike
  7. Wisata Budaya, berupa arsitektur bangunan/rumah adat, peninggalan sejarah dan adat, peninggalan sejarah dan adat istiadat Lampung. 

Sumber : Selayang Pandang Kab. Pesawaran 2016

Pimpinan Daerah

Cari Informasi

Google

Government Public Relations

Layanan Masyarakat